Grasstrack 2018 Belitung Timur : Rahasia Richard Candra Juara Umum, Ringan dan Kuat Teknologi HSBT SSS!

Richard Candra, Kampiun Dengan Gir Set SSS

OtoInfo.Id-Tak hanya di road race, diajang garuk tanah alias grasstrack gir set SSS terbukti ampuh. Pebalap grasstrack Richard Chandra dari tim Triple Five Excel Takasago SSS Nikki Autonation Racing Team asal Belitung Timur, Babel salah satu saksinya. Richard tampil sebagai juara umum di pada kejuaraan grasstrack bertitel Pulau Dapor GTX Open 2018 di Sirkuit Pulau Dapor, Selinsing, Gantung, Belitung Timur (13/5) kemarin.

Sirkuit Pulau Dapor, Selinsing, Gantung, Belitung Timur, Menantang

Richard sikat podium pertama di tiga kelas yakni bebek 110 junior, bebek modifikasi junior, sport trail junior. “Karakter sirkuit dengan model tanah disini butuh rantai dan gir yang kuat. Gir set SSS lebih kuat dan awet, design modelnya pun bagus,”puji Chandra yang dikawal oleh tiga mekanik sekaligus, Acu, Anggi dan Wadi. Yup, andalkan rantai bertipe 428 HSBT, “Karakter sirkuit disini pasir gembur, tanah keras. Bagi saya lapangan di Pulau Dapor ini sangat lengkap sekali dan cocok untuk grasstrack,”ungkap Chandra yang mengaku rantai dan gir SSS bisa kuat hingga 3 s/d 4 event.

Karakter Sirkuit Komplit, Gir Set SSS tetap ringan dan kuat

“Teknologi yang diusung tetap HSBT yakni H (heavy duty), SB (solid bush),  dan T (special greese). Nggak gampang molor pada putaran mesin yang tinggi, seperti juga diroad race, di grasstrack pun tetap ringan dan kuat”terang Hanky Kurniawan, dari  PT. Trivera Jaya distributor SSS.Lantas gimana sebenarnya gir dan rantai SSS ini bisa ringan dan kuat?,” Pastinya, dari bahan baku yang bermutu tinggi, rantai SSS juga memakai solid bushing dan masing-masing bahan tadi pun telah melewati proses heat treatment. Alhasil, daya tahan rantai terhadap hentakan akan semakin kuat, sehinga efek dimotor akan terasa nyaman dan enteng, gir dan rantai akan awet dan kerja mesin nggak berat,”jelas Hanky.

Terus soal gir SSS?  SSS chain kit diproduksi dengan menggunakan bahan besi baja ringan berkualitas tinggi. “Gir depan dan belakang disempurnakan dengan teknik heat treatment yang sesuai dengan standard Jepang (JIS) sehingga menjamin kekuatan gir. Gir depan menggunakan material alloy steel dengan proses carburizing heat treatment. Sedangkan gir belakang menggunakan proses induksi heat treatment,” terang Hanky lagi. Mantap!

Tim Triple Five Excel Takasago SSS Nikki Autonation Racing Team asal Belitung Timur

Oh ya, SSS gir set memiliki 2 bagian yang berbeda tingkat kekerasannya. “Untuk gir bagian atas atau mata girnya sengaja dibuat lebih keras dan kokoh agar mata gir tidak mudah aus atau lancip. Bagian mata gir ini telah melalui proses heat-treatment atau hardening dengan suhu tertentu untuk jangka waktu tertentu. Sedangkan untuk bagian dalam gir, memang sengaja tidak dibuat sekeras bagian matanya, melainkan dibuat lebih ulet atau lentur, sehingga tidak mudah getas,”beber hanky yang kabarnya bakal segera melepas masa lajangnya.Wah, semoga ringan dan kuat juga bro, diringankan langkah dan dikuatkan stamina dalam segala urusan sampai hari-H. Hehe..Wawan