Hadapi Musim MotoGP 2020, Iker Lecuona Justru Tak Pasang Target, Takut Tertekan?

Iker Lecuona

Otoinfo.id – Perlu diketahui jika Iker Lecuona naik kelas ke MotoGP berbekal raihan dua podium di Moto2. Yup, ia juga punya pengalaman turun di ajang road race pada 2017 silam.

Namun secara mengejutkan ia digaet oleh KTM untuk diturunkan di MotoGP bersamaTech 3. Pembalap yang baru berusia 20 tahun ini mengaku terkejut dan tak menyangka.

“Panggilan dari KTM sungguh gila, tapi saya yakin ini peluang yang sangat baik bagi saya untuk belajar, terus berprogres dan mengalami kemajuan,” ungkap Lecuona, seperti dilansir dari laman Paddock GP.

Baca juga : Drag Bike 2010: Wow! Belum Sampai 300 cc, MX King Wijaya Jawara FFA Knalpot #Pakefanterra

“Sejak turun di MotoGP, saya tak berhenti beraktivitas. Harus pergi ke mana-mana, menjalani wawancara dan lainnya. Tapi ini wajar. Saya rider termuda ketiga yang turun di MotoGP usai empat tahun di Moto2. Wajar jika orang tertarik, tapi saya tak terlalu peduli,” tuturnya.

Pembalap asal Spanyol ini, perlahan mulai mengubah mentalitasnya menjadi lebih serius. Karena doi turun di kelas tertinggi dalam kejuaraan balap motor terakbar dunia. Lecuona harus lebih serius dalam menjalani kariernya sebagai rider muda pendatang baru.

Baca juga : MotoGP 2020: Marquez Ungkap Jika Balap Dakar Pakai Mobil, Adiknya Suruh Jadi Co-Driver

“Perilaku saya banyak berubah. Sebelumnya, saya bersenang-senang bahkan saat situasi tak berjalan baik. Kini saya lebih filosofis dan tenang. Saya senang bisa jadi rider MotoGP, ini impian saya. Tapi saya harus belajar, dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin,” ucap Lecuona.

Meski berstatus sebagai debutan, Lecuona telah menjalani balapan pertamanya di MotoGP Valencia pada November lalu, menggantikan Miguel Oliveira yang cedera. Ia tampil baik dengan langsung memperebutkan poin, meski gagal finis usai terjatuh.

Menghadapi musim perdananya ini, ia justru tak memasang target apapun di MotoGP 2020. Leucona menjelaskan bahwa dirinya enggan tertekan dengan target yang ia buat sendiri, ia justru memilih fokus tampil sebaik mungkin.

Baca juga : MotoGP 2020: Marquez Ungkap Jika Balap Dakar Pakai Mobil, Adiknya Suruh Jadi Co-Driver

“Saat ini saya belum punya target, karena jika saya mematok sekarang, berarti saya akan membebani diri sendiri dan saya tak mau punya tekanan. Saya akan turun lintasan, menjalani lap demi lap, dan kita lihat saja nanti hasilnya,” pungkasnya.

Saat ini, Lecuona tengah menjalani proses pemulihan cedera arm pump pada lengan kanannya usai operasi pada Senin (7/1). Pun demikian, ia diperkirakan bakal fit untuk turun di uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia. Sip! Taufik