Hasil Test Jerez Day 2: Yamaha Fokus Mesin, KTM Keteteran

Otoinfo.id – Test Jerez hari ke-2 mencatatkan nama Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) sebagai rider tercepat. Dari 66 lap uji coba waktu tercepatnya adalah 1: 37.945, lebih cepat 0,025 detik dari Marc Marquez. Dalam hal lain, Honda makin membaik.

Terbalik dengan beberapa tim lain. Ketika banyak pabrikan sudah mulai improvisasi terhadap motor 2019, Yamaha justru masih fokus mencari karakter mesin yang cocok untuk mengarungi musim 2019. “Kami masih terus fokus pada mesin,” ungkap Maverick Vinales singkat.

Bahkan komentar Valentino Rossi cukup pedas, “Jelas mesin 2019 belum cukup,” jelasnya. Dalam hal ini Yamaha masih butuh waktu untuk terus meramu M1 2019 agar kasus musim 2018 tidak lagi terulang, dimana motor terlalu banyak spin.

Yamaha ingin mengkombinasi 2 hal. Power dan traksi. M1 2018 justru bertolak belakang, ketika power jauh lebih baik, namun justru meninggalkan masalah saat keluar tikungan dengan terlalu banyak spin pada roda belakang.

Baca Juga : Hasil Test Jerez Day 1: Ducati Punya Potensi Besar, Honda Uji 2 Motor Yang Beda

M1 2019 diciptakan untuk mengakomodir kedua. Oleh sebab itu para insinyur di Iwata (markas besar Yamaha) mendesain M1 2019 dengan karakter lembut.

Ketika Yamaha sedang konsentrasi terhadap mesin, KTM justru pabrikan yang kelabakan. Hingga saat ini base set-up motor pun masih belum didapat. Bahkan Johann Zarco mengeluhkan kalau dia sangat lambat di tikungan. “Masalah ku adalah terlalu lambat di tikungan,” jelas Zarco.

Test hari ke-2 mengakhiri testing pra-musim 2018 sambil menunggu istirahat musim dingin. Tahun 2019 akan dimulai test pra-musim di Sepang Malaysia pada bulan Februari. Seberapa banyak pabrikan bisa melakukan ubahan sesuai dengan keinginan rider? MT4