Otoinfo – Meskipun Honda Jazz generasi pertama atau Jazz GD3 sudah memasuki usia yang cukup tua sejak diluncurkan pada tahun 2004, mobil ini tetap menarik perhatian dengan harga bekas yang stabil.
Varian VTEC yang diperkenalkan pada tahun 2005 membawa peningkatan tenaga yang signifikan. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan yang perlu diketahui bagi calon pemilik Honda Jazz GD3.
Kelebihan Honda Jazz GD3
- Hemat Bahan Bakar dan Bertenaga
- Jazz i-DSI dengan 8 busi dapat menghemat bahan bakar, sementara varian VTEC menawarkan tenaga yang kencang, membuatnya lebih menyenangkan untuk dikendarai.
- Kabin Luas:
- Meskipun desainnya kompak, Jazz GD3 menawarkan kabin yang luas dan sporty. Fitur ultra seat menambah keluasan cargo, dan kursi baris kedua dapat dilipat rata untuk fleksibilitas.
- Fitur 7 Speed Mode di Setir:
- Sistem perpindahan perseneling Steer-matic memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, memungkinkan pengemudi untuk mengontrol perpindahan gigi secara manual.
Kelemahan dan Penyakit Honda Jazz GD3
- Area Mesin:
- Meskipun mesin termasuk bandel, komponen seperti paking karter, seal cover valve, dan seal crankshaft belakang mungkin perlu diganti seiring usia. Biaya penggantian bervariasi.
- Control Body Valve:
- Transmisi matik CVT tergolong awet, namun, control body valve sering memerlukan perbaikan dengan biaya sekitar Rp 6,45 juta.
- Kaki-kaki
- Kaki-kaki perlu perhatian ekstra setelah lebih dari 15 sampai 18 tahun penggunaan. Peremajaan kaki-kaki, seperti rack steer, link stabil, karet support, dan bearing roda belakang, mungkin diperlukan. Biaya perawatan bervariasi.
Pemilik bengkel spesialis Honda Camp menyarankan agar calon pemilik Honda Jazz GD3 memahami baik kelebihan maupun tantangan yang mungkin dihadapi untuk merawat mobil ini dengan baik.
Sebagai sebuah legenda di dunia otomotif, Mobil tersebut tetap memancarkan daya tariknya meski telah memasuki fase usia yang matang.
Dengan keunggulan dalam hemat bahan bakar, tenaga bertenaga, dan kabin luas yang menjadikan desain kompaknya tidak mengorbankan kenyamanan, Jazz GD3 membuktikan dirinya sebagai pilihan menarik di pasar mobil bekas. Otoinfo.
More Stories
Ada yang Baru dari Proliner, Knalpot Pro-X Lebih Keren dengan Suara Ramah!
Kaliper Rem Belakang RCB E-45, Pilihan Tepat untuk Pengereman Lebih Responsif
Keren! Velg RCB Forged Dipakai Para Pemenang Sport 150 di Mandalika Racing Series 2025 Seri 3