Honda Jazz: Kecil Namun Berani, Mengapa Tetap Jadi Pilihan Favorit?

Honda Jazz Kecil Namun Berani, Mengapa Tetap Jadi Pilihan Favorit

Otoinfo – Honda Jazz telah lama menjadi ikon hatchback yang populer di Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003. Meskipun kini tidak lagi diproduksi, minat terhadap spesifikasi, fitur, dan harga terkini Jazz tetap tinggi di kalangan penggemar mobil. Terutama, ketika mendiskusikan generasi terakhirnya, GK5, yang menghadirkan beragam fitur menarik bagi para pengguna.

Sejarah Singkat Honda Jazz di Indonesia

Dikenal sejak awal dengan kode bodi GD3, Jazz telah mengalami perubahan signifikan melalui beberapa generasi, termasuk GE8 dan GK5. Generasi terakhirnya, GK5, hadir dengan dua varian utama: Jazz dan Jazz RS, yang sama-sama mengusung mesin 1.500 cc 4-silinder SOHC 16-katup i-VTEC. Mesin ini memberikan tenaga sebesar 118 hp dan torsi 145 Nm, tersedia dalam transmisi CVT dan manual 5-kecepatan.

Baca Juga:   Mobil Bekas Honda Jazz 2017 Hanya Rp100 Jutaan di 2024! Temukan Fitur Canggih dan Performa Optimal

Dimensi yang Menawan dengan Fitur Kabin Inovatif

Salah satu daya tarik utama Jazz adalah dimensinya yang kompak namun memiliki kabin yang lega. Dengan ruang yang cukup untuk lima penumpang, Jazz juga menawarkan keunggulan dalam konfigurasi bangku yang diberi nama Ultra Seat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan lipatan bangku sesuai kebutuhan, menciptakan mode-mode seperti refresh mode, tall mode, long mode, dan utility mode. Dimensi eksterior Jazz mencapai 4.035 mm x 1.694 mm x 1.524 mm dengan wheelbase 2.530 mm, sedikit lebih kecil dari kompetitornya.

Baca Juga:   Standar vs ABS SE! Perbedaan Varian Kawasaki Ninja ZX-25R Tahun 2024

Fitur Keselamatan dan Keamanan yang Menonjol

Dalam aspek keselamatan, Honda Jazz menawarkan fitur-fitur seperti brake override system, dual front SRS airbag, pretensioner, dan ISOFIX, lengkap dengan ABS, EBD, dan pengereman roda depan menggunakan cakram. Fitur keamanan tambahan termasuk keyless entry, immobilizer, dan alarm system, dengan perbedaan pada jenis kunci antara varian Jazz RS dan Jazz biasa.

Fitur Interior dan Eksterior yang Memukau

Perbedaan signifikan antara Jazz RS dan varian biasa terletak pada fitur interior dan eksterior. Jazz RS dilengkapi dengan head unit layar sentuh yang lebih besar, tweeter speaker, audio steering switch, AC auto, engine start stop, paddle shift, cruise control, lampu depan full LED beserta DRL, spion dengan pelipatan elektris, tailgate spoiler, dan high mount stop lamp LED.

Baca Juga:   Suzuki Baleno 2024! Melangkah Lebih Jauh dengan Desain Sporty dan Fitur Keselamatan Terkini!

Relevansi Honda Jazz di Pasar Mobil Indonesia

Meskipun telah menghentikan produksinya, Honda Jazz tetap relevan dan menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari hatchback dengan kombinasi dimensi kompak dan ruang kabin yang luas. Fitur-fitur inovatif serta reputasi keselamatannya menjadikan Jazz sebagai opsi yang layak dipertimbangkan bagi para penggemar mobil di Indonesia.