Wednesday, July 2, 2025
spot_img

Honda NC 750 X Seberapa Spesial Sih Mesinnya..??

Otoinfo – Apakah Anda sedang mencari motor yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari berkendara sehari-hari, touring, hingga petualangan off-road? Jika ya, maka Anda mungkin tertarik dengan Honda NC 750 X, motor yang dirancang untuk menjadi motor serba bisa yang praktis, nyaman, dan efisien.

Honda NC 750 X adalah salah satu model motor adventure yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 2012. Awalnya, motor ini bernama Honda NC 700 X, dengan kapasitas mesin 670 cc. Namun, pada tahun 2014, Honda meningkatkan kapasitas mesin menjadi 745 cc dan mengubah namanya menjadi Honda NC 750 X.

Motor ini memiliki desain yang menarik, dengan fairing depan yang memberikan perlindungan angin yang cukup, tangki bensin yang berotot, dan lampu LED yang modern.

Salah satu fitur unik dari motor ini adalah adanya kompartemen penyimpanan di depan yang bisa menampung helm full-face atau barang-barang lainnya. Kompartemen ini berada di tempat yang biasanya menjadi tangki bensin, sedangkan tangki bensin sebenarnya berada di bawah jok.

Mesin dan Transmisi

Honda NC 750 X menggunakan mesin paralel-twin berpendingin cairan dengan SOHC 8-katup yang mampu menghasilkan torsi yang besar di putaran rendah dan menengah.

Mesin ini memiliki bore x stroke 77 x 80 mm, rasio kompresi 10,7:1, dan daya maksimum 54 hp pada 6.250 rpm. Torsi maksimumnya adalah 69 Nm pada 4.750 rpm.

Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi throttle by wire (TBW) yang memungkinkan pengendara memilih empat mode pengiriman daya, yaitu Standard, Rain, Sport, dan User. Mode ini mempengaruhi respons gas, tenaga, dan torsi yang dihasilkan oleh mesin.

Honda NC 750 X tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan dan otomatis Dual Clutch Transmission (DCT). Transmisi manual memiliki kopling slipper yang mengurangi loncatan roda belakang saat menurunkan gigi dan juga mengurangi beban pada tuas kopling sebesar 20 persen.

Transmisi otomatis DCT memungkinkan pengendara mengganti gigi dengan menekan tombol atau membiarkan motor mengganti gigi sendiri. Transmisi DCT juga memiliki tiga mode berkendara, yaitu D (Drive), S (Sport), dan M (Manual).

Rangka dan Suspensi

Honda NC 750 X memiliki rangka baja tipe diamond yang kokoh dan ringan. Rangka ini memberikan keseimbangan yang baik antara kekakuan dan fleksibilitas, sehingga motor bisa bermanuver dengan mudah dan stabil di berbagai kondisi jalan.

Suspensi depan menggunakan upside-down fork Showa dengan diameter 41 mm dan suspensi belakang menggunakan monoshock Pro-Link.

Kedua suspensi ini memiliki travel 153,5 mm dan bisa disesuaikan prategangan pegasnya. Suspensi ini mampu menyerap guncangan dan getaran dengan baik, serta memberikan kenyamanan dan kontrol yang optimal.

Baca Juga:  Fitur Inovatif Honda! Hadirnya USB Charger Bermanfaat Saat Listrik Padam

Rem dan Ban

Honda NC 750 X dilengkapi dengan sistem pengereman ABS yang mencegah roda terkunci saat mengerem mendadak.

Rem depan menggunakan cakram tunggal berdiameter 320 mm dengan kaliper dua piston, sedangkan rem belakang menggunakan cakram tunggal berdiameter 240 mm dengan kaliper satu piston.

Ban depan menggunakan ukuran 120/70-ZR17 dan ban belakang menggunakan ukuran 160/60-ZR17. Ban ini memiliki pola tapak yang cocok untuk berkendara di aspal maupun tanah. Ban ini juga memberikan traksi dan grip yang baik di berbagai kondisi cuaca.

Fitur dan Aksesori

Honda NC 750 X memiliki beberapa fitur dan aksesori yang menambah nilai lebih dari motor ini. Beberapa fitur dan aksesori tersebut adalah:

  • Honda Selectable Torque Control (HSTC): sistem kontrol torsi yang bisa disesuaikan oleh pengendara untuk mengatur tingkat slip roda belakang. HSTC memiliki dua level, yaitu level 1 yang memungkinkan sedikit slip roda belakang saat berkendara di tanah atau kerikil, dan level 2 yang mengurangi slip roda belakang saat berkendara di jalan yang licin.
  • Layar LCD: layar yang menampilkan informasi penting seperti kecepatan, putaran mesin, odometer, trip meter, indikator bahan bakar, jam, suhu, mode berkendara, dan HSTC. Layar ini juga bisa dihubungkan dengan smartphone melalui Bluetooth untuk menampilkan notifikasi panggilan, pesan, dan navigasi.
  • Lampu LED: lampu depan, belakang, dan sein yang menggunakan LED yang hemat energi dan tahan lama. Lampu ini juga memberikan pencahayaan yang terang dan jelas, serta meningkatkan visibilitas dan keselamatan berkendara.
  • Knalpot: knalpot yang memiliki desain yang ramping dan sporty, serta menghasilkan suara yang dalam dan menggelegar. Knalpot ini juga memiliki katalisator yang ramah lingkungan dan memenuhi standar emisi Euro 5.
  • Aksesori: Honda menyediakan berbagai aksesori yang bisa dipasang pada motor ini, seperti top box, side pannier, main stand, hand guard, fog lamp, engine guard, dan lain-lain. Aksesori ini bisa meningkatkan fungsi, kenyamanan, dan tampilan motor.
Baca Juga:  Pesona Baru Honda Super Cub C125: Warna Menawan yang Menggoda

Honda NC 750 X adalah motor yang cocok untuk semua kebutuhan, baik itu berkendara sehari-hari, touring, maupun petualangan off-road.

Motor ini memiliki mesin yang bertenaga dan efisien, rangka dan suspensi yang tangguh dan nyaman, rem dan ban yang andal dan aman, serta fitur dan aksesori yang praktis dan menarik.

Motor ini juga memiliki harga yang terjangkau dan kualitas yang tinggi, seperti yang biasa ditawarkan oleh Honda. Jika Anda ingin memiliki motor yang serba bisa dan tidak mengecewakan, maka Honda NC 750 X adalah pilihan yang tepat. Otoinfo

Latest Posts