Otoinfo.id – Honda baru saja meluncurkan PCX 125 terbaru di Eropa, dengan perubahan desain yang cukup mencolok di bagian detail. Salah satu varian terbaru yang tersedia adalah PCX 125 DX, yang kini dilengkapi dengan sistem koneksi Honda RoadSync dan layar TFT berukuran lima inci.
Desain yang Lebih Agresif
Meski siluet PCX 125 masih terlihat mirip dengan PCX 160 yang ada di Indonesia, perbedaan baru terlihat ketika kita mengamatinya lebih dekat. Bodi PCX 125 di Eropa memiliki bentuk yang lebih menyiku dan desain yang lebih agresif, berbeda dengan PCX 160 yang memiliki kesan lebih halus.
Pada bagian lampu, baik PCX 125 dan PCX 160 memang memiliki desain yang mirip. Namun, jika diperhatikan lebih detail, ada perubahan pada desain lampu depan PCX 125. DRL (Daytime Running Light) kini lebih besar dan berbentuk seperti huruf V, sementara di bagian belakang, kombinasi lampu LED juga mengalami perubahan. PCX 125 kini hanya memiliki satu garis LED di bagian atas, sementara PCX 160 di Indonesia memiliki dua garis LED, satu di atas dan satu di bawah.
Fitur yang Lebih Canggih
Salah satu fitur unggulan di PCX 125 varian DX adalah layar instrumen TFT 5 inci yang menampilkan berbagai informasi dengan tampilan lebih modern. Selain itu, sistem Honda RoadSync yang disematkan pada varian ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai informasi seperti navigasi, kontrol musik, hingga notifikasi telepon masuk melalui koneksi smartphone.
Berbeda dengan PCX 125, PCX 160 yang ada di Indonesia hanya dilengkapi dengan klaster instrumen full digital tanpa adanya fitur koneksi smartphone. Meskipun demikian, varian standar PCX 125 juga masih menggunakan speedometer yang serupa dengan model sebelumnya, hanya saja desainnya kini lebih segar.
Suspensi dan Mesin: Perbedaan yang Signifikan
Dalam hal suspensi, PCX 125 terbaru di Eropa menggunakan suspensi belakang dengan tangki reservoir, sementara PCX 160 di Indonesia menggunakan suspensi belakang tanpa tangki. Perbedaan ini memberi PCX 125 kenyamanan lebih saat digunakan di jalanan Eropa yang mungkin memiliki karakteristik berbeda dengan di Indonesia.
Yang paling signifikan tentu saja terletak pada sektor mesin. PCX 125 yang hadir di Eropa mengusung mesin 125cc eSP+ dengan daya 9,2 kW (sekitar 12,3 tenaga kuda) dan torsi 11,7 Nm. Di sisi lain, PCX 160 di Indonesia dibekali mesin 156,9cc eSP+ yang mampu menghasilkan daya 11,8 kW (sekitar 15,8 tenaga kuda) dan torsi 14,7 Nm, menjadikannya lebih bertenaga dibandingkan PCX 125.
Kesimpulan
Meski memiliki tampilan siluet yang mirip, Honda PCX 125 terbaru di Eropa memiliki beberapa perbedaan mencolok, baik dari segi desain, fitur, maupun performa mesin. Dengan berbagai fitur canggih seperti layar TFT 5 inci dan Honda RoadSync, PCX 125 DX siap menawarkan pengalaman berkendara yang lebih modern. Namun, bagi yang mencari performa mesin yang lebih besar dan tenaga lebih tinggi, PCX 160 yang ada di Indonesia masih menjadi pilihan unggul.