Otoinfo – Honda Vario adalah salah satu skutik terpopuler di Indonesia yang telah mengalami banyak perubahan sejak generasi pertamanya pada tahun 2007. Kini, Honda Vario hadir dengan generasi keempatnya yang disebut Honda Vario Gen 4.
Skutik ini menawarkan desain yang lebih sporty, fitur yang lebih canggih, dan performa yang lebih handal dengan mesin berkapasitas 200 cc. Berikut adalah ulasan lengkap tentang Honda Vario Gen 4 yang siap mengaspal di jalan-jalan Indonesia.
Desain Lebih Sporty dan Unik
Honda Vario Gen 4 memiliki desain yang lebih agresif dan unik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bodinya lebih tajam dan menonjol, memberikan kesan dinamis dan futuristik. Lampu depan dan belakang menggunakan LED yang membuatnya lebih terang dan hemat energi.
Spion juga dilengkapi dengan lampu sein yang terintegrasi, menambah keselamatan berkendara. Bagian dek luas dan bagasi lapang, membuatnya ideal untuk digunakan sehari-hari. Honda Vario Gen 4 juga memiliki pilihan warna yang menarik, seperti hitam, merah, biru, dan putih.
Fitur Canggih yang Menawan
Honda Vario Gen 4 tidak hanya mengandalkan desainnya yang keren, tetapi juga fitur-fiturnya yang canggih. Skutik ini dilengkapi dengan fitur Smart Key System yang memungkinkan pengendara untuk menghidupkan dan mematikan mesin tanpa menggunakan kunci.
Fitur ini juga memiliki fungsi alarm dan answer back system yang dapat membantu menemukan lokasi motor. Selain itu, Honda Vario juga memiliki fitur digital panel meter yang menampilkan informasi lengkap tentang kecepatan, bensin, odometer, trip meter, jam, dan indikator ECO.
Fitur lainnya yang menarik adalah USB charger yang terletak di bagasi, yang dapat digunakan untuk mengisi daya gadget saat berkendara.
Performa Mesin Handal
Honda Vario Gen 4 memiliki mesin berkapasitas 200 cc yang dilengkapi dengan teknologi eSP atau enhanced Smart Power. Teknologi ini membuat mesin lebih irit bahan bakar, ramah lingkungan, dan responsif.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,5 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 15 Nm pada putaran 6.500 rpm. Transmisinya menggunakan sistem CVT yang membuat akselerasinya lebih halus dan nyaman.
Honda Vario juga memiliki fitur Idling Stop System yang dapat mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik, dan menghidupkannya kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.
Harga dan Spesifikasi
Honda Vario Gen 4 memiliki harga yang bersaing dengan skutik lainnya di kelasnya. Harga Honda Vario berkisar antara Rp 19 juta hingga Rp 24 juta, tergantung pada tipe dan warna yang dipilih. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Honda Vario:
Spesifikasi | Honda Vario Gen 4 |
---|---|
Tipe Mesin | 4 Langkah, SOHC, eSP, Pendingin Cairan |
Volume Langkah | 199,5 cc |
Diameter x Langkah | 63,0 x 62,0 mm |
Perbandingan Kompresi | 10,6 : 1 |
Daya Maksimum | 9,5 kW / 8.000 rpm |
Torsi Maksimum | 15 Nm / 6.500 rpm |
Sistem Bahan Bakar | PGM-FI |
Tipe Transmisi | Otomatis, V-Matic |
Tipe Starter | Elektrik dan Kick Starter |
Tipe Kopling | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 5,5 Liter |
Tipe Rangka | Tulang Punggung |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal |
Ukuran Ban Depan | 90/80-14 M/C 43P (Tubeless) |
Ukuran Ban Belakang | 100/80-14 M/C 48P (Tubeless) |
Rem Depan | Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal |
Rem Belakang | Tromol |
Sistem Pengereman | Combi Brake System |
Panjang x Lebar x Tinggi | 1.930 x 685 x 1.115 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.285 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 150 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 770 mm |
Berat Kosong | 112 kg |
Honda Vario Gen 4 adalah skutik yang tampil lebih sporty dengan mesin 200 cc. Skutik ini memiliki desain yang agresif dan unik, fitur yang canggih dan menawan, serta performa mesin yang handal dan irit.
Honda Vario juga memiliki harga yang bersahabat, membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi para pecinta skutik di Indonesia. Honda Vario siap menjadi teman setia Anda dalam menjelajahi berbagai macam jalan. Otoinfo
More Stories
Pernah Balap Moto3 dan Moto2, Ini dia Sosok Pengganti Aldi Satya di WSSP
Insiden Latihan di Eropa, Aldi Satya Mahendra Absen di Magny-Cours dan Aragon World Supersport 2025
Bersejarah di Mandalika, Yamaha Racing Indonesia Raih Double Podium Perdana di Kelas SS600 ARRC 2025