Hyundai Group Melangkah Maju dalam Pasar Mobil Listrik AS, Menggerogoti Dominasi Tesla

Hyundai Group Melangkah Maju dalam Pasar Mobil Listrik AS, Menggerogoti Dominasi Tesla

OtoinfoHyundai Group, yang mencakup merek Hyundai dan Kia, telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam penjualan mobil listrik di Amerika Serikat, mengancam dominasi yang telah lama dipegang oleh Tesla. Dalam rentang Januari hingga Mei 2024, Hyundai dan Kia berhasil menyumbangkan 11,2% dari total penjualan mobil listrik di AS.

Perubahan ini merupakan hasil dari strategi Hyundai dan Kia untuk menawarkan mobil listrik dengan harga terjangkau, memungkinkan mereka meraih pangsa pasar yang semakin besar.

Baca Juga:   Inovasi Honda 2023! Scoopy 160cc Dengan Desain Klasik Mirip Vespa Matic

Bahkan, Hyundai diketahui memiliki enam dari sepuluh kendaraan listrik yang dijual di AS, sementara Kia menghadirkan model EV6 yang menarik.

Data dari Korean Automobile & Mobility Association menunjukkan bahwa Hyundai Motor Group telah berhasil menjual 48.383 mobil listrik di AS hingga Mei 2024, yang setara dengan pangsa pasar sebesar 11,2%.

Ini merupakan lonjakan yang signifikan dari tahun sebelumnya, di mana pangsa pasar Hyundai Motor Group hanya sebesar 6,8% pada tahun 2023.

Baca Juga:   Wah, Performa Luar Biasa! New Yamaha Lexi 2024 dengan Fitur Canggih yang Bikin Tergoda!

Meskipun Tesla masih mendominasi pasar dengan pangsa sebesar 52,9%, Hyundai Group berhasil mengurangi kesenjangan menjadi 40,5% pada Mei 2024. Hal ini menunjukkan bahwa Hyundai dan Kia telah berhasil mendekati posisi Tesla dalam pasar mobil listrik AS.

Hyundai Ioniq 5 menjadi bintang terang dalam penjualan Hyundai Group, dengan mencatatkan rekor penjualan pada Mei 2024 sebanyak 4.449 unit. Secara total, penjualan Ioniq 5 telah mencapai lebih dari 15.000 unit dalam rentang Januari hingga Mei 2024.

Baca Juga:   Yamaha NMax 2024: Revolusi Sporty dan Performa Bertenaga Terbaru!

Selain meningkatkan penjualan, Hyundai juga berencana untuk memperluas kehadirannya di AS dengan membangun pabrik produksi kendaraan dan baterai. Rencananya, pabrik EV dan baterai pertama Hyundai di AS akan beroperasi akhir tahun ini.

Dengan pabrik ini, Hyundai berharap dapat merakit Ioniq 5 secara lokal, yang kemungkinan akan memenuhi syarat untuk mendapatkan fasilitas kredit pajak.