Otoinfo – Hyundai N kembali beraksi di Nürburgring Nordschleife, Jerman, dengan tujuan mencetak kemenangan keempat berturut-turut di kelas TCR pada balapan Nürburgring 24 Hours (N24). Pada acara ini, Hyundai juga memperkenalkan varian spesial Ioniq 5 N untuk Time Attack (TA).
Hyundai Ioniq 5 N TA Spec akan turut meramaikan The Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC) yang akan datang. Selain itu, Hyundai mengumumkan rencana kolaborasi bersama Gran Turismo, franchise game simulasi balap populer untuk PlayStation.
Di Nürburgring 24 Hours, Hyundai N menurunkan tiga mobil Elantra N TCR untuk mengamankan kemenangan di kelasnya. Tim ini mencakup pembalap dari tiga benua, termasuk juara bertahan dan pengemudi pelanggan Hyundai Motorsport dari seri TCR.
Mobil #830 dikemudikan oleh Mikel Azcona, Marc Basseng, dan Manuel Lauck, yang telah memenangkan kelas TCR pada 2022 dan 2023. Tim Bryan Herta Autosport dengan mobil #831 kembali dengan pembalap Mason Filippi, Harry Gottsacker, Mark Wilkins, dan Bryson Morris.
Mobil #832 akan dikemudikan oleh bintang TCR China, Martin (Hongwei) Cao, Rainey He, Andy Yan, dan Zhang Zhen Dong. Hyundai Driving Experience i30 Fastback N juga ikut serta dalam kelas VT2 Front-Wheel-Drive di N24 tahun ini.
Tim ini meraih kemenangan di kelasnya pada tahun 2023, meskipun menghadapi beberapa masalah teknis. Tim 2024 terdiri dari juara tahun lalu, termasuk Marcus Willhardt, Michael Bohrer, jurnalis dan pembalap Jens Dralle, serta pembalap junior Korea Gyumin Kim.
Pada PPIHC 2024, Hyundai akan menghadirkan dua unit Ioniq 5 N TA Spec bersama dua unit Ioniq 5 N produksi massal. Tim ini menargetkan rekor di kategori Electric Production SUV/Crossover dan Electric Modified SUV/Crossover.
Ioniq 5 N TA Spec, dengan tenaga 687 PS, dirancang untuk menonjolkan keunggulan Ioniq 5 N versi produksi massal. Peningkatan dilakukan pada motor belakang, meningkatkan output sebesar 37 dk (27 kW).
Penyesuaian untuk Pikes Peak meliputi pemasangan shock absorbers baru, rem motorsport-spec, ban slick 18 inci Yokohama Advan 005, dan kelengkapan aerodinamis high-downforce. Aspek keamanan juga ditingkatkan dengan kursi Recaro Pro Racer SPA Hans, sabuk pengaman Sabelt enam titik, roll cage sesuai standar PPIHC, dan sistem pencegah kebakaran untuk EV.
Para pengemudi Ioniq 5 N TA Spec akan melewati trek menanjak sepanjang 12,42 mil (20 km) dengan ketinggian lebih dari 4.700 kaki (1.438 meter). Mereka akan menghadapi 156 tikungan, kondisi cuaca yang cepat berubah, dan pengaruh ketinggian terhadap kendaraan.
Robin Shute, juara umum Pikes Peak empat kali, akan mengemudikan Ioniq 5 N TA Spec bersama Dani Sordo. Sementara itu, Ioniq 5 N produksi massal akan dikemudikan Paul Dallenbach dan Ron Zaras.
Hyundai pertama kali berkompetisi di PPIHC pada tahun 1992 dengan Hyundai Scoupe. Pada tahun 2012, Hyundai mencatatkan rekor waktu dengan Hyundai Genesis Coupe yang dikendarai Rhys Millen. Hyundai N juga mengumumkan kolaborasi dengan Gran Turismo, memperkenalkan berbagai aktivitas simulasi balapan di PPIHC. Detail lebih lanjut akan diumumkan oleh Hyundai dalam waktu dekat. Media
More Stories
Melihat Proses Produksi Nissan GT-R di Jepang: Dari Pabrik Tochigi Hingga Menjadi “Godzilla” Jalanan
Kekurangan Nissan GT-R: Harga Selangit dan Konsumsi BBM yang Bikin Geleng Kepala
Kaki-Kaki Nissan GT-R: Suspensi Bilstein, Rem Brembo, hingga Velg Forged 20 Inci