Ini Akibatnya Jika Pakai Kampas Rem Palsu

Otoinfo.id – Buat orang yang kehidupannya selalu menjumpai kendaraan baik pribadi ataupun umum tentu tahu apa itu kampas rem. Ya, itu adalah bagian penting dalam sistem pengereman. Tanpa adanya kampas rem, maka laju kendaraan tidak bisa berhenti. Nah, kali ini kita akan memberi sedikit informasi untuk penggunaan kampas rem palsu atau tiruan. Hal ini biasanya banyak terdapat pada kendaraan roda dua atau motor.

Penggunaan kampas rem palsu atau tiruan sangatlah tidak dianjurkan. Walaupun terkadang harganya lebih murah, tetapi bila ini untuk keselamatan, maka jangan pernah coba-coba.

Baca Juga : Tips: Keren!! Pakai As Sok Bekas, Bisa Bikin Alat Service Injeksi Tanpa Lepas Throttle Body

Untuk kampas rem orisinil itu bantalannya terasa lebih empuk, sedangkan palsu lebih keras. Namun, bukan berarti jika lebih empuk itu tidak bagus. Justru semakin panas gesekan akan membuat bantalan kampas rem semakin keras.

Nah, sudah pasti, untuk kampas rem palsu semakin tergesek maka semakin keras dan membahayakan. “Sebenarnya masih bisa berhenti. Tapi nanti akan berakibat pada komponen rem lainnya seperti disc brake atau piringan cakram. Permukaannya bisa tergores dan jadi tidak rata,” ungkap Agung, yang membuka bengkel sepeda motor di Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Disc Brake tergores dan permukaan tidak rata.

Baca Juga : Bingung Ganti Gir atau Rantai Saja? Nih SSS Kasih Tips-nya!

Tentunya dengan kondisi yang seperti itu malah bisa bikin pengeluaran jadi lebih. So, jangan tergiur harga kampas rem murah. Akibatnya malah bisa beli disc brake sebelum waktunya! Aji