Ini Daftar 10 Jalan Pencabut Nyawa

Otoinfo.id – Ini adalah daftar 10 jalan yang paling mematikan di dunia. Kenapa bisa berbahaya? Penyebabnya antara lain di jalan ini memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi. Nah, yang jadi dilema, jalan ini ternyata akses utama penduduk yang tinggal di sekitar kota tersebut.

Selain skill mengemudi, keberuntungan tinggi pun sangat diperlukan untuk melewati jalan ini. Tercatat 1,3 juta orang meninggal di jalanan ini setiap tahunnya. Jalan apa saja yang dimaksud? MT4, foto : wonderslist, fella, worldconstructionnetwork

1. North Yungas Road, Bolivia
Di Yungas salah satu region di Bolivia, North Yungas Road sering disebut sebagai Jalan Kematian. Tercatat dalam setahun merenggut 200-300 orang. Jalan ini berbahaya karena banyak memiliki blind spot dan sangat sempit.
Sekali tergelincir, jurang yang dihadapi. Makin bahaya ketika berpapasan. Jalan sempit ini kerap kali membuat driver sulit memantau roda apakah sudah ada di bibir jurang atau belum.

2. Jalalabad–Kabul Road, Afghanistan
Jalalabad-to-Kabul-RoadBanyak jalan mendapat julukan paling berbahaya. Salah satunya adalah jalan sepanjang 65 km dari Jalalabad ke Kabul. Konturnya meliuk-liuk melalui wilayah pemberontak Taliban.

Tapi soal ancaman pemberontakan yang membuat jalan raya ini berbahaya. Kombinasi jalan sempit, jalur berkelok-kelok dan naik hingga ketinggian 600 meter melalui ngarai Kabul, sering didapati pengemudi Afghanistan sembrono karena berusaha menyalip truk pengangkutan.

3. James Dalton Highway, Alaska
Dalton Highway adalah jalan sepanjang 667 km di Alaska. Dimulai di Elliott Highway, utara Fairbanks dan berakhir di Deadhorse dekat Samudra Arktik dan ladang minyak Prudhoe Bay.

Meski terlihat tenang dan indah, jalan ini banyak memiliki lubang. Belum lagi ditambah dengan kerikil yang beterbangan karena dihembus angin sangat kencang. Yang paling rburuk, sepanjang jalan itu, hanya ada dunia es.

4. Karakoram Highway, Pakistan
Oleh pemerintah yang membangunnya, diberi nama Jalan Persahabatan Dinamakan. Jalan Raya Karakoram merupakan jalan beraspal internasional yang berada di dataran paling tinggi di dunia.

Menghubungkan Cina dan Pakistan melintasi pegunungan Karakoram, melalui Khunjerab Pass, di ketinggian 4.693 meter. Jalan Ini rawan longsor dan banjir.

Uniknya, jalan yang berada di ngarai di sepanjang jalur sutra tua ini justru menarik wisatawan.

5. Guoliang Tunnel Road, China
The Guoliang Tunnel berada di sepanjang sisi gunung di Cina. Mirip jalur rayap karena proses pembuatannya melubangi tebing-tebing. Menurut beberapa lembaga konstruksi, jalan ini sangat berbahaya.

6. The Zoji Pass, India
Zoji La adalah jalan raya tertinggi di India. Terletak di India National Highway 1D antara Srinagar dan Leh. Jalan ini sangat vital karena sebagai satu-satunya yang menghubungkan Ladakh dan Kashmir.

Ini berjalan di ketinggian sekitar 3.528 meter, tertinggi kedua setelah Fotu La. Jalan ini ini sering ditutup selama musim dingin. Padahal jalan itu sebagai garis hidup bagi orang-orang Ladakh yang ingin berhubungan dengan dunia luar.

7. Skippers Canyon Road, New Zealand
The Skippers Canyon Road, terletak di Selandia Baru. Jalan ini sangat luar biasa menakutkan. Dengan jalan yang sempit, memnbuat mobil sangat mudah terjun ke jurang.

Uniknya, untuk melewati jalan berliku ini, dibutuhkan izin khusus mengemudi. Jika berhasil tantangan selanjutnya adalah jalan licin karena pasir dan ketika berpapasan.

8. Los Caracoles Pass, Chile
Jalan ini melewati gunung Andreas antara Chili dan Argentina. Jalan ini memiliki banyak lereng curam dan tikungan tajam tanpa keamanan pagar.

Jalan ini tertutup salju hampir sepanjang tahun. Memang indah, namun sangat mematikan. Black ice bisa muncul setiap saat. Es hitam ini lebih licin dibanding salju biasa.

9. The Stelvio Pass, Italy
Stelvio Pass terletak di Italia berada pada ketinggian 2756,9 m di atas permukaan laut. Salah satu jalan beraspal tertinggi yang melalui Pegunungan Alpen Timur. hanya sedikit di bawah jalan di Alps, Col de l’Iseran 2770 m di atas permukaan laut.

Jalan terlihat jauh lebih berbahaya daripada yang sebenarnya. Mirip lukisan di atas bukit. Jalan menanjaknya hampir 2 kilometer dengan penghalang beton yang sangat rendah. Banyak tikungan memiliki sudut 180 derajat dan kerap membuat bencana.

10. Sichuan-Tibet Highway, China
The Sichuan-Tibet Highway adalah yang tertinggi di sepanjang jalur Chengdu dan Tibet. Tanah longsor dan longsoran batu sering kali terjadi.

Jalan ini mencatat ada lebih dari 7.500 kematian untuk setiap 100.000 pengemudi. Dan yang paling harus diwaspadi adalah ketika cuaca buruk.