Ini Dia Tips Merawat Rantai Ala SSS Racing Agar Tetap Maksimal dan Tahan Lama!

Otoinfo.id – Dalam merawat sepeda motor pastinya memiliki tips atau trik khusus agar komponen tetap awet dan tahan lama. Salah satunya yaitu merawat rantai sepeda motor.

Banyak yang mengeluhkan bahwa rantai sepeda motor mereka cepat aus dan minta diganti yang baru. Hal tersebut sering terjadi dikarenakan kurang pahamnya cara merawat rantai dengan baik dan benar.

Baca juga : Moto2 Brno 2020: Enea Bastianini Sabet Posisi Pertama, Andi Gilang Finish Ke-25

Maka dari itu melalui akun Instagramnya, SSS Racing memberikan tips ampuh merawat ra tai agar tetap maksimal dan tahan lama.

Yang paling utama adalah hindari penggunaan bensin dan oli bekas untuk membersihkan atau melumasi rantai motor, karena lapisan grease (gemuk) pada rantai ikut larut terbuang bensin, jadi membuat gesekan rantai menjadi lebih besar. Ini yang menyebabkan rantai mengeluarkan bunyi kasar dan membersihkan rantai dengan bensin bisa bikin rantai jadi berkarat.

Baca juga : SSS Hadirkan Gir Baja Warna Gold, Harga Jelas Terjangkau!

Lalu untuk membersihkannya SSS Racing menyarankan bahwa untuk membersihkan atau melumasi rantai lebih baik menggunakan minyak tanah atau oli yang baru untuk tipe rantai SB, HSB, HSBT dan HMX. Namun, untuk tipe rantai LO dan RO disarankan untuk menggunakan chain cleaner atau chain tube untuk melumasinya.

Kemudian selain melumasi dengan oli yang benar, rantai juga harus selalu dicek ketegangannya secara berkala. Jadi pastikan rantai tidak terlalu kencang atapun kendor. Bagus Adit