Ini Empat Sekawan Periset Knalpot Proliner untuk Balap, Knalpot Jawara!

Acok (kiri) pimpinan, Eko, Tri, Fery (Tim Riset) Proliner buat balap

Otoinfo.id – Dikancah dunia balap tanah air hingga Asia, nama knalpot proliner sudah tidak asing lagi bagi kalangan tim balap hingga para riders papan atas. Knalpot Proliner merupakan knalpot aftermarket lokal Indonesia, yang diproduksi di pabriknya yang berada di Tiga Raksa, Tangerang, Banten.

Proliner selain memproduksi knalpot yang dijual bebas alias untuk harian, yang pasarnya sudah menyebar ke pelosok Indonesia hingga ke manca negara. Ternyata knalpot Proliner juga sudah dipakai oleh kalangan tim balap road race papan atas di Indonesia maupun di Asia.

Salah satu tim balap nasional yang sudah disupport oleh Proliner adalah tim Astra Racing Tim (ART) Jogja. Kemudian untuk balap Asia Road Racing Championsip (ARRC) yang asal Indonesia siapa lagi kalau bukan 549 Kaboci. Dan masih ada lagi tim dari negara Malaysia juga memakai knalpot Proliner. Hebat bukan. . .

Kete (ART) dengan kuda pacunya bersenjatakan gas buang knalpot Proliner

Baca Juga : Knalpot Proliner XR-1 SS, Style Futuristik Cocok Buat KLX 150, CRF 150 dan WR 155R, Power Naik 1,5 HP!

Untuk knalpot Proliner yang khusus buat tim balap emang beda ya bro. Karena knalpot yang buat balap biasanya sudah termasuk knalpot bore up. Yang sudah disesuaikan dengan karakter (kapasitas/cc) engine atau mesinya.

Kemudian secara teknikalnya, biasanya hasil dari riset knalpot untuk balap tadi akan menjadi rujukan buat memproduksi masal knapot Proliner buat harian. Yang biasanya masih memakai spek mesin standart istilahnya. Tapi jangan salah, meski buat motor harian atau yang masih memakai mesin standart pabrik. Tapi powernya bisa naik, istilahnya larinya tambah kencang karena gas buangnya bisa sempurna.

Untuk pembuat knalpot Proliner buat tim balap di pabriknya Proliner ternyata ada bagiannya sendiri ya bro. Siapa sebenarnya sosok atau pelaku pembuat knalpot yang khusus di dunia balap nasional maupun Asia ini? Mungkin selama ini masih jarang sekali terekspos oleh media. Padahal hasil karya mereka untuk masalah gas buang atau knalpot, berperan penting buat menentukan siapa yang bisa meraih panggung podium disetiap event balap.

knalpot Proliner jadi andalan setiap tim balap road race nasional

Merekalah empat sekawan, yang selalu sibuk di dapur research and development (RND) pabrik knalpot Proliner. Dikomandani oleh orang yang biasa di panggil om Acok berdarah Makasar, dan diasisteni oleh Eko Tablo dibantu dua orang mekanik yaitu Fery dan Tri.

Dari hasil kecerdikan dan kecekatan tangan terampil keempat orang inilah, banyak tim-tim balap menorehkan prestasi dalam kancah event balap baik di Indonesia maupun di Asia. Ya..berkat knalpot racing Proliner buatan keempat orang ini, sudah tidak terhitung lagi banyaknya tim balap yang sukses di dunia balap. Istimewa!!!

Apa sih sebenarnya rahasia mereka, hingga bisa menciptakan knalpot yang selalu menang dalam setiap balapan. Dalam suatu kesempatan, om Acok yang orangnya sangat familiar ini sempat mengatakan.

Satu pola pikir sederhana dari seorang om Acok, tentang keberhasilannya dalam membuat knalpot Proliner yang akhirnya bisa mengantarkan pembalapnya mampu berdiri di panggung podium alias menjadi juara. Kuncinya adalah, timnya selalu membuka diri buat tim balap manapun yang ingin meriset knalpot khusus untuk balap di pabrik Proliner.

Dan om Acok lebih suka saling bertukar fikiran dengan pemilik motor yang meriset knalpotnya di pabrik Proliner.”kita tim riset sangat terbuka. Siapapun tim balap yang ingin melakukan riset knalpot di pabrik Proliner kita persilahkan. Dan kita tim riset, lebih suka mekanik yang menjelaskan karakter mesin motor yang mau dibuatkan knalpot khusus racing. Dari pada kita sendiri yang meraba-raba tentang karakter mesin motor tadi,”jelas Acok.

Baca Juga : ‘MEN’ Jelajah Aspal 7000 Km Jakarta-Timor Leste, Uji Coba Part RCB, UMA Racing dan Proliner!

Jadi kalau dicermati. Kunci dari kesuksesan dari tim riset knalpot Proliner ini. Dalam setiap membuat knalpot buat motor yang diriset. Selalu disesuaikan dengan karakter mesin motor yang mau dibuatkan knalpotnya. “Untuk masalah teknik pembuatan, ukuran pipa dan macam-macam yang jelas rahasia perusahaan donk,” canda om Acok.

Selain peralatannya sangat memadai untuk membuat knalpot racing. Di pabrik Proliner juga tersedia mesin dynojet. Jadi hasil riset kenalpot yang sudah jadi, begitu terpasang dimotor langsung dicoba di mesin dyno. Dengan begitu akan bisa langsung dilihat hasilnya, Berapa kenaikan dari horse powernya (HP) juga torsinya.

Bukti knalpot racing Proliner sudah banyak membantu pembalap dalam hal merebut panggung podium bukan hisapa jempol semata.

Dibeberapa event balap skala besar seperti OnePrix, bukti dilapangan tentang kehebatan gas buang Proliner dibuktikan oleh Fitriansyah Kete dari tim balap Astra Racing Tim (ART) Jogja. Seperti yang sudah tertulis di atas. Yang pada event final OnePrix pada tahun 2019 lalu, berlangsung di Gelora Bung Tomo Surabaya. Kete panggilan akrabnya dinobatkan menjadi juara umum dikelas Expert. Tunggangan kuda besinya yaitu Honda bebek Supra GTR 150, bisa melaju kencang meninggalkan lawan-lawannya berkat gas buang knalpot Proliner.

Ini menjadi bukti, kalau knalpot Proliner hingga sekarang belum ada lawanya untuk di dunia balap racing. Dan pastinya knalpot Proliner yang dipakai diharianpun, jelas powernya akan meningkat dari pada knalpot standartnya atau produk knalpot aftermarket lainya. Mantap!!!