Ini Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot, Ternyata Sangat Penting Untuk Mesin!

Otoinfo.id – Pasti setiap sepeda motor memiliki lubang kecil di bagian bawah knalpot, namun masih banyak yang belum paham tentang fungsi dari lubang kecil ini.

Ternyata fungsi dari lubang kecil ini sangat penting untuk mesin. Karena lubang kecil tersebut sebagai pembuangan jalur air pada knalpot.

Baca juga : Ada Program ‘Obenk Bang Rudz’ yang Kupas Tuntas Technical RCB, UMA Racing dan Proliner, Yuk Simak Keterangannya!

“Biasanya rata-rata knalpot punya lubang kecil, itu buat jalur air, karena jika ada air yang masuk ke knalpot akan keluar melalui lubang kecil tersebut,” ucap Sadam pemilik bengkel Alkhadafi Motor.

Memang jika air yang masuk knalpot akan membahayakan mesin apabila tidak ada lubang buangnya. Ini yang menyebabkan lubang kecil tersebut sangat penting untuk mesin.

Baca juga : IndoClub Championship 2020: Blak-Blakan AB. Bendol, Dana Riset Tembus Rp. 300 Juta!

“Kalau di pagi hari biasanya keluar air dari lubang kecil itu, karena ada embunnya. Lalu fungsi lainnya yaitu ketika mencuci motor air tidak akan masuk sampai keruang bakar,” tambahnya.

Jadi itu Sob kegunaan dari lubang kecil di bagian bawah knalpot, kecil-kecil namun memiliki peran penting. Sip! Bagus Adit