Otoinfo – Yamaha Nmax 155 adalah salah satu motor matik premium yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Motor ini memiliki desain yang elegan, fitur yang canggih, dan performa yang tangguh. Namun, tidak ada motor yang sempurna.
Yamaha Nmax 155 juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin menjadi pertimbangan sebelum Anda membelinya. Apa saja kekurangan Yamaha Nmax 155 yang perlu Anda ketahui? Berikut ulasannya.
Ground Clearance Rendah
Ground clearance adalah jarak terendah antara bodi bawah motor dengan permukaan tanah. Ground clearance yang rendah berpotensi membuat bodi bawah motor bersinggungan dengan aspal saat melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang.
Yamaha Nmax 155 generasi terbaru memiliki ground clearance sebesar 124 mm, yang lebih rendah dari generasi sebelumnya yang mencapai 135 mm. Ground clearance Yamaha Nmax 155 juga lebih rendah dari kompetitornya, Honda PCX 150, yang memiliki ground clearance sebesar 137 mm.
Jika Anda sering melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang, Anda harus berhati-hati agar bodi bawah motor tidak tergores atau rusak.
Tidak Semua Varian Pakai Keyless
Keyless adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menghidupkan atau mematikan motor tanpa menggunakan anak kunci, cukup dengan menekan tombol di remote. Fitur ini sangat berguna untuk mencegah pencurian motor, karena mesin tidak akan aktif tanpa remote bawaan.
Sayangnya, tidak semua varian Yamaha Nmax 155 dilengkapi dengan fitur keyless. Hanya varian tertinggi, yaitu Nmax ABS/Connected, yang memiliki fitur keyless.
Sementara itu, varian standar masih menggunakan anak kunci konvensional. Ini menjadi kekurangan Yamaha Nmax 155, karena kompetitornya, Honda PCX 150, sudah mengaplikasikan fitur keyless sebagai standar di semua varian.
Torsi Mesin Lebih Kecil
Torsi adalah gaya putar yang dihasilkan oleh mesin. Torsi yang besar berarti motor memiliki akselerasi yang responsif dan kuat.
Yamaha Nmax 155 generasi terbaru memiliki torsi mesin sebesar 13,9 Nm pada 6.500 rpm, yang lebih kecil dari generasi sebelumnya yang memiliki torsi sebesar 14,4 Nm pada 6.000 rpm.
Torsi Yamaha Nmax 155 juga lebih kecil dari Honda PCX 150, yang memiliki torsi sebesar 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Jika Anda menyukai sensasi berkendara yang sporty dan agresif, Anda mungkin akan merasa kurang puas dengan torsi Yamaha Nmax 155.
Suspensi Belakang Tanpa Setelan
Suspensi adalah komponen yang berfungsi untuk menyerap goncangan saat motor melewati jalan yang tidak rata. Suspensi yang baik harus bisa disesuaikan dengan kondisi jalan dan preferensi pengendara.
Yamaha Nmax 155 generasi terbaru memiliki suspensi belakang yang tidak bisa disetel. Ini berarti Anda tidak bisa mengubah tingkat kekerasan atau kelembutan suspensi sesuai dengan keinginan Anda.
Suspensi belakang yang tidak bisa disetel juga berpotensi membuat kenyamanan berkendara berkurang, terutama saat berboncengan atau membawa barang bawaan yang berat.
Lampu Sein Belum LED
Lampu sein adalah lampu yang berfungsi untuk memberi sinyal arah belok atau pindah jalur kepada pengendara lain. Lampu sein yang baik harus memiliki intensitas cahaya yang cukup terang agar mudah dilihat oleh pengendara lain.
Yamaha Nmax 155 generasi terbaru memiliki lampu sein yang belum menggunakan teknologi LED. Lampu sein yang belum LED cenderung kurang terang dan tahan lama dibandingkan dengan lampu sein yang sudah LED.
Lampu sein yang belum LED juga kurang seimbang dengan lampu utama, lampu belakang, dan lampu rem, yang sudah menggunakan teknologi LED.
Kapasitas Tangki Bensin Kurang Besar
Kapasitas tangki bensin adalah ukuran volume bensin yang bisa ditampung oleh tangki motor. Kapasitas tangki bensin yang besar berarti motor bisa menempuh jarak yang lebih jauh tanpa harus sering mengisi bensin.
Yamaha Nmax 155 generasi terbaru memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 7,1 liter, yang kurang besar dibandingkan dengan kompetitornya, Honda PCX 150, yang memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 8,0 liter.
Jika Anda sering bepergian jauh dengan motor, Anda mungkin akan merasa kurang nyaman dengan kapasitas tangki bensin Yamaha Nmax 155.
Bagasi Tidak Lebih Luas dari Generasi Pertama
Bagasi adalah ruang penyimpanan yang terletak di bawah jok motor. Bagasi yang luas berarti motor bisa menyimpan barang bawaan yang lebih banyak, seperti helm, jaket, atau tas. Yamaha Nmax 155 generasi terbaru memiliki bagasi yang tidak lebih luas dari generasi pertama.
Bagasi Yamaha Nmax 155 generasi terbaru hanya bisa menampung satu helm full face atau dua helm half face. Bagasi Yamaha Nmax 155 juga lebih sempit dari Honda PCX 150, yang bisa menampung dua helm full face.
Jika Anda sering membawa barang bawaan yang banyak dengan motor, Anda mungkin akan merasa kurang puas dengan bagasi Yamaha Nmax 155.
Yamaha Nmax 155 adalah motor matik premium yang memiliki banyak kelebihan, seperti desain yang elegan, fitur yang canggih, dan performa yang tangguh.
Namun, motor ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, seperti ground clearance rendah, tidak semua varian pakai keyless, torsi mesin lebih kecil, suspensi belakang tanpa setelan, lampu sein belum LED, kapasitas tangki bensin kurang besar, dan bagasi tidak lebih luas dari generasi pertama.
Kekurangan-kekurangan ini mungkin menjadi pertimbangan sebelum Anda membeli Yamaha Nmax 155. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri.
Apakah kekurangan-kekurangan ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan Anda saat berkendara? Ataukah Anda bisa mengabaikannya dan menikmati kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Yamaha Nmax 155? Jawabannya ada di tangan Anda. Otoinfo
More Stories
Regulasi Baru Kelas NS155 di Kejurnas Sport MRS Seri-4: RPM Disamaratakan, Strategi Tim Bakal Berubah Drastis!
Inilah Alasan Kenapa Yamaha M1 V4 Tidak Dipakai Quartararo atau Rins di Sisa Musim 2025?
Casytha Manahadap Dragbike Rookie 2025 Siap Panaskan Purwodadi, Catat Tanggalnya!