Ini Nih! Alasan Ukuran Roda Depan Motor Trail Lebih Besar Dibandingkan Belakang!

Bapak Joko Widodo Presiden RI menunggangi motor trail Kawasaki

Otoinfo.id – Sepeda motor yang sering menjelajah hutan atau garuk tanah ini memang identik dengan roda depan yang lebih besar dibandingkan belakang. Tapi kenapa si kok bisa gitu? padahal motor biasanyakan yang besar ya belakang ya gaes. Ternyata ini Alasannya!

Dilansir dari CNN Indonesia, Departement Training Sales Sumi Rubber Indonesia Dunlop Dwi Ibnu Baskoro mengatakan roda depan dibuat lebih besar sebagai alat bantu meredam kejutan ketika motor melewati jalanan yang tidak rata.

Baca juga : OnePrix 2020: Corona Melanda, Ini Cara Rafid Topan Tetap Jaga Stamina!

“Karena kalau kita ketahui sendiri yang untuk meredam kejut adalah ban depan. Ban depan untuk melibas gelombang besar-besar pada lintasan offroad,” kata Ibnu.

Selain itu ukuran roda depan yang besar, dibantu dengan penggunaan shock yang lebih panjang dan diameter besar dari sepeda motor lain, untuk membantu manuver motor lebih baik di kontur jalan yang tidak rata seperti berbatu, berpasir bahkan lumpur.

Pelek yang digunakan pun bukan pelek jenis racing, melainkan jenis jari-jari. Ada sebab akibatnya mengapa pelek motor trail menggunakan jari-jari, karena pelek jari-jari lebih elastis dibandingkan pelek racing yang identik kaku.

Baca juga : Kenapa Suara Mesin SE (Spesial Engine) Bisa Kasar? Ini Penyebabnya!

“Kalau motor trail itu beda dengan yang diaspal, karena kalau motor yang diaspal , semakin lebar ban semakin lebih lengket dengan aspal. Tapi kalau motor trail itu beda, ada lintasan yang membutuhkan traksi dan daya cengkram khusus.

Jadi itu alasan roda depan motor trail lebih besar dibandingkan roda belakang. Semoga bisa mengurangi rasa penasaran kalian ya gaes. Bagus Adit