Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Ini Penyebab CVT Motor Matic Bunyi Kasar dan Getar Saat Langsam, Wajib Dicek Biar Nggak Parah

Ini Penyebab CVT Motor Matic Bunyi Kasar dan Getar Saat Langsam, Wajib Dicek Biar Nggak Parah

Ini Penyebab CVT Motor Matic Bunyi Kasar dan Getar Saat Langsam, Wajib Dicek Biar Nggak Parah

Otoinfo.id – Bagi pemilik motor matic bekas, mungkin pernah merasakan bunyi kasar dan getar yang muncul dari area CVT (Continuously Variable Transmission) saat langsam. Kondisi ini biasanya terjadi ketika mesin baru dinyalakan dan motor masih dalam keadaan idle.

Bunyi kasar serta getaran ini sering membuat pengendara khawatir, apalagi jika dibiarkan terus-menerus. Faktanya, masalah ini memang umum terjadi pada motor matic yang sudah berusia atau jarang dirawat.

Biang Keladi: Per Kampas Ganda yang Melemah

Menurut Deny Dumadi Saputra, pemilik bengkel Beduls Motor Speed (BMS) di Tangerang Selatan, penyebab utama CVT bunyi kasar saat langsam adalah per kampas ganda yang sudah lemah.

“Per kampas ganda yang lemah bikin kampas tidak terikat dengan sempurna saat gas belum ditarik,” jelas pria yang akrab disapa Beduls.

Akibatnya, kampas ganda yang seharusnya bekerja stabil justru membuka dan menutup sendiri. Kondisi inilah yang menimbulkan bunyi kasar dan getaran di area CVT motor matic.

Baca Juga:  Pelajari Tipe Rantai SSS Berdasarkan Fungsi dan Harganya!

Kenapa Bunyi Hilang Saat Putaran Tinggi?

Menariknya, bunyi dan getaran kasar ini biasanya hanya terasa saat langsam. Ketika putaran mesin naik, bunyi akan hilang atau setidaknya berkurang drastis.

Hal ini disebabkan karena kampas ganda sudah menempel sempurna pada rumah kampas saat rpm tinggi. Jadi, getaran tidak lagi terasa.

Namun, bukan berarti masalah ini boleh diabaikan. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa menimbulkan kerusakan lain pada komponen CVT.

Baca Juga: Tips Membeli Aki Mobil dan Motor yang Benar agar Tidak Rugi

Baca Juga:  Sering Diabaikan! Digital Panel Meter Perlu Dirawat Menurut Honda Istimewa Id

Solusi: Ganti Per Kampas Ganda

Cara paling efektif mengatasi masalah ini adalah mengganti per kampas ganda. Jumlahnya ada tiga buah, dan penggantian harus dilakukan sekaligus, tidak bisa hanya satu per saja.

“Per ini harus diganti sekaligus, nggak bisa cuma satu,” tegas Beduls.

Pilihan Aftermarket Lebih Kuat

Buat yang ingin performa lebih tahan lama, bisa memilih per kampas ganda aftermarket. Produk aftermarket biasanya lebih keras dan punya konstruksi lebih kuat dibanding bawaan pabrikan.

Kelebihannya, CVT bisa bekerja lebih stabil, minim bunyi, dan usia pakai lebih panjang. Namun, pastikan memilih merek terpercaya agar hasilnya sesuai harapan.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Membeli Honda CR-V Bekas Agar Dapat Unit Terbaik dan Bebas Masalah

Tips Agar CVT Motor Matic Tetap Awet

Selain mengganti komponen yang aus, ada beberapa tips untuk menjaga CVT motor matic tetap awet dan minim masalah:

  • Lakukan servis CVT secara berkala setiap 8.000–12.000 km.

  • Gunakan sparepart berkualitas, baik OEM maupun aftermarket terpercaya.

  • Perhatikan tanda-tanda awal, seperti bunyi kasar, getar, atau tarikan motor yang tidak halus.

  • Jangan biarkan CVT kotor, rutin membersihkan dari debu dan grease berlebih.

Baca Juga:  Tips : Membersihkan Filter Udara Pada Honda All New BeAT

CVT motor matic bunyi kasar dan bergetar saat langsam biasanya disebabkan oleh per kampas ganda yang sudah lemah. Solusinya sederhana, cukup mengganti semua per kampas ganda dengan yang baru.

Jika ingin lebih awet, pilih produk aftermarket dengan kualitas baik. Jangan lupa, lakukan servis CVT secara rutin agar performa motor tetap halus dan nyaman dipakai sehari-hari.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.