Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Ini Penyebab CVT Motor Matic Tiba-tiba Jadi Gredek Saat Digunakan

Ini Penyebab CVT Motor Matic Tiba-tiba Jadi Gredek Saat Digunakan

Ini Penyebab CVT Motor Matic Tiba-tiba Jadi Gredek Saat Digunakan

Otoinfo.id – Banyak pemilik motor matic pernah mengalami masalah CVT tiba-tiba gredek saat digunakan. Kondisi ini membuat motor bergetar saat digas, bahkan terasa lompat-lompat di tarikan awal. Padahal sebelumnya, motor terasa normal dan halus.

Menurut Ryan Fasha, mekanik dari bengkel K.1 Garage, penyebab utama CVT gredek biasanya berasal dari kampas ganda. Komponen ini berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke roda melalui sistem CVT. Ketika kampas ganda bermasalah, performa motor pun terganggu.

Penyebab Utama Gredek di CVT Motor Matic

1. Kampas Ganda Keras

Seiring pemakaian, kampas ganda bisa mengeras akibat panas berlebih. Kondisi ini membuat gesekan dengan mangkok ganda tidak maksimal, sehingga motor terasa gredek saat tarikan awal.

2. Glazing pada Kampas Ganda

Glazing adalah kondisi ketika permukaan kampas ganda menjadi licin dan mengkilap karena terlalu panas. Ryan menjelaskan, jika terkena cahaya, permukaan kampas akan memantulkan cahaya layaknya kaca. Inilah yang membuat kampas tidak bisa mencengkeram mangkok ganda dengan baik.

Baca Juga: Mesin Diesel Mati Mendadak di Jalan? Ini Penyebab Utama yang Wajib Diketahui

Baca Juga:  Ini Sebabnya Hindari Menyemprot Bagian Ini Saat Cuci Motor Matic

3. Gigit Kampas Tidak Maksimal

Ketika permukaan kampas ganda sudah licin, cengkeraman terhadap mangkok ganda melemah. Akibatnya, motor terasa lompat-lompat dan bergetar. Mekanik Ardy menambahkan, “Jika gigitannya sudah lompat-lompat, otomatis motor terasa gredek.”

Solusi Mengatasi CVT Gredek

Amplas Permukaan Kampas Ganda

Jika kampas ganda masih cukup tebal, salah satu trik yang bisa dilakukan adalah mengamplas permukaan kampas yang sudah licin. Dengan begitu, cengkeraman kembali maksimal dan motor terasa lebih halus.

Baca Juga:  Pentil Ban Mobil Diganti Tiap Ganti Ban Baru, Ini Dia Jawabannya

Periksa Mangkok Ganda

Selain kampas, kondisi mangkok ganda juga harus dicek. Jika permukaan mangkok aus atau terdapat baret dalam, maka perlu diganti agar tidak merusak kampas baru.

Baca Juga: 5 Tips Penting Rawat Mobil Usai Perjalanan Jauh, Nomor 3 Sering Diabaikan!

Perawatan Berkala CVT

Untuk mencegah CVT gredek, lakukan servis berkala pada bagian CVT setiap 8.000–12.000 km. Pembersihan rutin debu kampas dan pengecekan roller, v-belt, serta kampas ganda akan membuat motor tetap nyaman.

Baca Juga:  Jangan Sampai Rugi! Ini Cara Merawat Fairing Guard dan Komponen Penting Honda ADV agar Awet dan Tangguh di Medan Ekstrem

Masalah CVT motor matic gredek bukan hal baru. Penyebab utamanya biasanya karena kampas ganda mengeras atau glazing akibat panas berlebih. Jika masih tebal, kampas bisa diamplas agar kembali menggigit mangkok ganda. Namun jika aus, sebaiknya diganti agar performa motor tetap optimal.

Dengan perawatan CVT yang benar, motor matic kesayangan bisa kembali halus, nyaman, dan bebas gredek di setiap tarikan.

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.