Inilah 6 Faktor Penyebab Awal Kerusakan Motor Matic, Apa Saja?

Perhatikan 6 Hal

Otoinfo.id-Motor matic kini menjadi andalan pengendara motor di Indonesia. Pada hal perawatan motor matic memiliki bagian penggerak yang biasa kita kenal dengan Continous Variable Transmission atau CVT, komponen ini wajib masuk dalam daftar buku perawatan rutin sepeda motor matic sobat. Selain itu sama dengan jenis motor lainnya motor matic wajib melakukan perawatan rutin pada bagian mesin.

Baca Juga : Bahaya Motor Kekurangan Oli, Berakibat Fatal Jangan Sampai Menyesal!

Ini dia 6 faktor kesalahan dalam penggunaan motor matic :

RPM Tinggi Saat Jalur Menanjak

Jalur seperti ini menjadikan posisi motor melawan gravitasi, dalam keadaan ini Gilmoters seharusnya buka gas menggunakan cara bertahap agar memperoleh tenaga yang maksimal atau biasa kalian kenal urut gas.

Gas dan Rem

Menggunakan motor matic tidak bisa langsung gas pada RPM tinggi dan rem mendadak, pasalnya bisa membuat beberapa bagian komponen cepat haus. Sisitem kerja sewaktu motor digas, kampas kopling menjepit bagian rumah kopling supaya berjalan. Kondisi tersebut menjadikan rumah kopling langsung menuju as roda jadi mengakibatkan roda dapat berputar dan sewaktu direm pada rumah kopling juga ikut berhenti juga.

Baca Juga : Jangan Sampai Menyesal, Inilah Pentingnya Kick Starter Saat Memanaskan Motor Injeksi!

Pada saat gas berada di RPM tinggi dan melakukan pengereman, rumah kopling dipaksa supaya berhenti akan mengakibatkan gesekan yang berlebih dan semakin lama akan menimbulkan panas secara tak wajar. Part yang usianya lebih pendek yakni kampas kopling ganda, rumah kopling ganda serta roller yang tidak rata.

Menarik Gas Sambil Menggunakan Rem

Pengguna motor matic tentunya sering melakukan hal tersebut saat dalam kondisi macet, padahal penggunaan seperti ini membuat kampas kopling menjadi cepat habis.

Baca Juga : Paling Fatal! 4 Efek Samping Kehabisan Bahan Bakar Pada Motor Injeksi

Penggantian komponen

Oli gardan, filter udara dan busi menjadi bagian penting, terlebih saat melakukan perawatan bagian ini wajib ikut dicek. Bisa melihat kembali buku panduan kendaraan agar tidak terlalu lama dalam mengganti komponenn ini.

Penggunaan Rem Belakang

Tentunya harus memahami cara penggunaan rem yang benar saat dijalan, dalam kondisi jalan menurut ada baiknya kalian lebih memprioritaskan rem depan untuk menahan daya dorong motor dan diimbangi oleh rem belakang.

CVT Motor

CVT menjadi sistem penggerak dari motor skutik, oleh sebeb itu komponen ini tidak bisa rusak sedikit. Pasalnya perfoma motor akan menjadi lemah dan otomatis motor menjadi boros. Lagi – lagi untuk melihat batasan perawatan harus melihat buku panduan motor. Semoga bermanfaat! Taufik