Tuesday, July 1, 2025
spot_img

Inilah Perbedaan Kapasitas Mesin NMAX155 dan Aerox155

Otoinfo –  Pada dasarnya mesin Yamaha NMAX 155 diambil sebagai dasar atau acuan untuk mengembangkan mesin Yamaha Aerox 155. Mesin NMAX155 dan Aerox155 memiliki perbedaan dari spesifikasi mesinnya. Dengan inovasi yang dikembangkan pada Mesin Aerox 155 yang sudah dilengkapi dengan starter halus smart motor generator (SMG). Kemudian, pada mesin Aerox 155 yang telah diproduksi dan di evaluasi kembali untuk  dikembangkan ulang, menjadi dasar acuan pada mesin yang digunakan dalam All New NMAX.

Dengan demikian, muncul generasi ketiga dari mesin Blue Core 155cc Yamaha yang semakin canggih dan penyempurnaan dalam torsinya. Tidak hanya itu, keiritan bahan bakar juga menjadi nilai lebih namun tenaga yang dihasilkan semakin besar. Dengan adanya perubahan ini, maka semakin kentara sebenarnya perbedaan mesin Nmax dan Aerox.

Perubahan Desain dan Spesifikasi Mesin NMAX155 dan Aerox155

Ketika PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan All New NMAX, mereka menyebut mesinnya benar-benar baru. Perubahan tersebut terlihat dalam bentuk mesin, crankcase, dan CVT yang tampak berbeda dari mesin Aerox 155. Salah satu perubahan paling mencolok adalah piston. Piston Yamaha All New NMAX memiliki permukaan yang lebih rata, yang meningkatkan kompresi mesin secara signifikan. Kompresi mesin Yamaha All New NMAX meningkat menjadi 11,6:1 dari 10,5:1 pada generasi sebelumnya.

Selain itu, ukuran klep in di head silinder Mesin Nmax155 dan Aerox155 mengalami peningkatan. Ukuran klep in bertambah besar dari 19,5 mm menjadi 20,5 mm. Box filter udara juga lebih besar, dan air intake Yamaha All New NMAX 155 juga mengalami perubahan.

Peningkatan Tenaga Mesin Nmax dan Aerox

Semua perubahan ini berdampak pada peningkatan tenaga yang dihasilkan oleh mesin Yamaha All New NMAX 155. Dari data spesifikasi, mesin All New NMAX menghasilkan tenaga sebesar 15,15 Dk/8.000 rpm, dengan torsi maksimal mencapai 13,9 Nm/6.500 rpm. Terjadi peningkatan tenaga sebesar 0,27 Dk dari 14,88 Dk pada generasi sebelumnya. Namun, ada penurunan torsi yang tipis sebesar 0,5 Nm dari 14,4 Nm menjadi 13,9 Nm. Meskipun demikian, mesin Yamaha All New NMAX 155 tetap menawarkan kinerja yang lebih baik. Mesin Nmax155 dan Aerox155 tetap menawarkan kenyamanan dan tekhnologi Blue core dari Yamaha yang semakin irit namun tenaga tetap besar.

Baca Juga:  Pake Vario 160 Dijalanan? Kok Diri Berasa Jadi Sultan Yaa?

Dengan perubahan-perubahan ini, Yamaha telah berhasil menciptakan mesin yang lebih canggih dan bertenaga untuk All New NMAX 155. Perbedaan antara mesin NMAX 155 dan Aerox 155 menjadi lebih jelas, dan All New NMAX siap menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan. Otoinfo.

Baca Juga:  Chevrolet Captiva Diesel Pilihan Terbaik Sebanding Santa Fe

Latest Posts