Inovasi Terbaru Honda: CR-V e Berbahan Bakar Hidrogen Siap Menggebrak Pasar Otomotif 2024

Inovasi Terbaru Honda CR-V e Berbahan Bakar Hidrogen Siap Menggebrak Pasar Otomotif 2024

Otoinfo – Teknologi hidrogen semakin diakui sebagai masa depan dunia otomotif, dan Honda siap melangkah lebih jauh dalam pengembangan ini. Bukti keseriusan Honda terlihat dengan produksi massal CR-V e, kendaraan berbasis teknologi hydrogen fuel cell electric vehicle (FCEV).

Mobil inovatif ini diproduksi di Performance Manufacturing Centre (PMC) di Marysville, Ohio, Amerika Serikat, dan siap dijual di pasar AS pada pertengahan 2024, sebelum diperkenalkan di Jepang pada akhir tahun.

Baca Juga:   Toyota Yaris Cross Tampil Menarik! Kenapa Ekspornya Lebih Banyak dari Penjualan Lokal?

CR-V e ini menggunakan basis bodi dari CR-V Generasi ke-6, namun dilengkapi dengan sistem canggih yang dikembangkan oleh Fuel Cell System Manufacturing LLC di Brownstown, Michigan, AS.

Sistem ini merupakan hasil kolaborasi antara Honda dan General Motors (GM), menggabungkan keahlian dua perusahaan otomotif besar untuk menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan dan efisien.

Berdasarkan pengujian oleh Badan Lingkungan Hidup AS (EPA), SUV ini mampu menempuh jarak lebih dari 500 kilometer (270 mil) dengan tangki hidrogen penuh.

Baca Juga:   Honda X-ADV-750 Versi 2024 Bikin Heboh! Mesin 2 Silinder Terbaru Bikin Melongo!

Selain itu, kendaraan ini juga memiliki daya jangkau tambahan sekitar 53 kilometer (29 mil) berkat baterai plug-in yang turut disematkan. Fitur plug-in ini menambah kenyamanan dalam berkendara, memungkinkan pengisian daya yang lebih fleksibel.

CR-V e pertama kali diperkenalkan kepada publik dalam acara The 21st International Hydrogen & Fuel Cell Expo di Tokyo pada awal tahun 2024. Kehadirannya menarik perhatian besar karena hidrogen dianggap sebagai bahan bakar masa depan yang mampu menghasilkan emisi sangat rendah dan proses pengisian yang relatif cepat dibandingkan kendaraan listrik konvensional.

Baca Juga:   Memahami Perbedaan Teknologi Honda Jazz GD3! i-DSI vs VTEC

Honda bukanlah pemain baru dalam dunia kendaraan hidrogen. Pada tahun 2002, mereka meluncurkan Honda FCX, diikuti dengan Honda FCX Clarity pada tahun 2008, dan Honda Clarity Fuel Cell yang diperkenalkan pada tahun 2016 dan diproduksi hingga 2021.