IRS-YSR 2018: Eric Saputra, Totalitas Balap Demi Brand Papan Atas, Jawara Superstock YSR!

Eric Saputra In Action : CBR600 (Kiri) dan YZFR1M (kanan)

OtoInfo.Id-Menarik dicermati kiprah Eric Saputra dipentas Yamaha Sunday Race (YSR) dan Indospeed Race Series (IRS). Tak sekedar ambil bagian, tapi mampu raih podium tertinggi di kedua event yang digelar di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jabar. Catatan portal ini, Eric sukses mengunci gelar juara umum pada kelas Supersock Up to 1000 cc Comm Pro pada YSR musim ini. Bahkan, Eric yang memacu Yamaha R1M  total point sempurna yakni 100 dari 4 seri yang dimainkan.

Podium Jawara Superstock YSR 2018

Serunya, Eric justru ‘dituding’ diuntungkan oleh spek R1M yang secara power memang lebih besar dibanding R6,”Tak semudah itu pula, dengan power yang lebih besar harus lebih bisa kendalaikan. Teknik engine brake-nya mesti tepat dibeberapa tikungan,”tangkis Eric yang mematahkan anggapan itu di seri ke-3 IRS akhir pekan lalu (25-26/8). Yes, berbeda dengan YSR, spek di IRS memang imbang yakni sama-sama 600 cc. Eric yang memacu CBR600 sukses raih podium pertama dengan pertarungan yang ketat. Mantap!

Podium Superstock 600 IRS Seri Ke-3

Untuk torehan prestasi itu,”Ya, wajib konsisten latihan motor dan fisik, meski bagiku ini hanya sekedar hobi tapi tetap jaga totalitas. Bahkan sekarang rutin latihan di flattrack untuk daya tahan. Menu latihan flattrack sehari 4 moto secara bertahap, moto 1 15 menit, moto 2 20 menit, moto 3 25 menit dan moto 4 30 menit,”ungkap cowok kelahiran 18 Desember 1991 itu. “Untuk thread mild, awal incline 5 jalan 15 menit speed jalan 6. Abis itu speed 9 lari 30 menit incline 0,”lanjut Eric yang disupport oleh Rey Ratukore selaku mentor dan Leon Candra (Racetech) untuk performa motor.

Latihan Rutin di Flattrack

Jadi meski mengaku sekedar hobi tapi dilakukan dengan totalitas. “Awalnya memang hobi aja, tapi seiring waktu saya pegang brand-brand balap. Dulu 2014-2016 Alpinestars, terus Arai dari 2014 sampai sekarang. Tahun ini Komine dan Taichi, dalam hal ini saya cuma ingin melindungi pembalap Indonesia. Pastinya, dengan barang-barang yang kualitasnya top. Dulu sebelum kita pegang, Arai Taichi susah dapat racing service dan lain-lain. Saya ingin pembalap ngerasa seperti di MotoGp meski balap lokal. Helm bersih, racing suit bersih,”jelas Eric.

Eric Saputra, Totalitas Pegang Brand Balap Papan Atas

“Jadi saya tetap balap karena saya ingin tahu apa sih yang dibutuhkan pembalap, kalo nggak turtun langsung saya nggak tahu apa yang mereka butuhkan,”tukas Eric yang sejak wal ikut balap 2012 sudah mengantongi berbagai macam prestasi antara lain runner up YSR dan IRS tahun 2017. Sip! Wawan

Biodata Lengkap
Nama Lengkap                 : Eric Saputra
Nama Panggilan               : Eric
Temapt dan Tanggal Lahir : Jakarta, 18 Desember 1991
Daftar Prestasi :
2013 Junior Superstock Runner Up IRS
2014 Runner Up Junior Superstock IRS
2015 Runner up Superstock IRS
2016 Runner up Superbike IRS
2017 YSR Runner Up Superstock Runner Up IRS
2018 Juara Umum Superstok YSR