Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Isuzu Panther! Raja Diesel Indonesia Jejak Sejarah MPV Legendaris dari Generasi ke Generasi

Isuzu Panther! Raja Diesel Indonesia Jejak Sejarah MPV Legendaris dari Generasi ke Generasi

OtoinfoIsuzu Panther, atau yang dikenal sebagai Raja Diesel di Indonesia, telah mengukir sejarahnya sejak kemunculannya pada tahun 1991. Mobil ini segera menjadi pesaing tangguh bagi Toyota Kijang Kapsul dan Mitsubishi Kuda yang mendominasi pasar otomotif segmen MPV pada masa itu.

Peluncuran Awal (1991)

Pada tahun 1991, PT Isuzu Astra Motor Indonesia secara resmi meluncurkan Isuzu Panther, mobil diesel legendaris dengan model pertama yang berupa pick-up. Kemudian, PT. Pantja Motor bekerja sama dengan perusahaan karoseri untuk mengubahnya menjadi MPV.

Mobil MPV generasi pertama memiliki mesin C233 berkapasitas 2.238cc, 4 silinder dengan indirect injection. Mesin ini memberikan tenaga maksimal 72 daya kuda pada 4.300RPM dan torsi puncak 140Nm pada 2.400RPM.

Generasi Kedua Panther PPL (1993-1996)

Pada periode 1993-1996, Isuzu Panther mengalami evolusi generasi kedua, yang dikenal sebagai varian PPL. Original body Panther dengan sistem Total Assy Body tanpa dempul menjadi terobosan baru. Varian termasuk Standar, Deluxe, Grand Deluxe, dan Hi-Grande.

Generasi Ketiga dengan Mesin Baru (1996-2000)

Pada tahun 1996, Isuzu Panther generasi ketiga hadir dengan mesin baru, 2.500cc berkode 4JA1. Mesin ini lebih efisien, bertenaga, dan tidak memerlukan busi pemanas untuk kondisi dingin. Mesin 2.500cc membuat Panther lebih efisien dengan konsumsi solar mencapai 12 km/liter dalam kota.

Baca Juga:  Suzuki Luncurkan Smash Fi 2023, Lebih Menawan dan Gahar!

Persaingan Ketat Generasi Keempat (2000-2005)

Generasi keempat Isuzu Panther, lahir tahun 2000-2005, menghadapi persaingan ketat dari Mitsubishi Kuda dan Toyota Kijang Kapsul. Tersedia dalam dua pilihan mesin diesel, 2.500cc transmisi manual dan 2.500cc turbo transmisi otomatis dengan berbagai varian seperti LM, LV, LS.

Varian Lengkap dan Facelift (2005-2021)

Pada tahun 2005, Isuzu Panther mengalami facelift perubahan pada lampu, grill, fog lamp, dan interior kabin. Pada 2007, semua varian dilengkapi mesin turbo untuk memenuhi standar emisi Euro II. Pembaruan minor terakhir dilakukan pada 2009, dengan pengurangan varian menjadi lima.

Baca Juga:  Daftar Mobil Irit BBM di Tahun 2024, Apa Saja Pilihannya?

Perubahan Terakhir dan Pensiun (2021)

Tahun 2013 membawa perubahan minor terakhir pada interior, termasuk penghilangan tempat ban serep di pintu belakang dan penambahan kamera belakang. Pada Februari 2021, produksinya akhirnya dihentikan setelah menjalani sejarah panjang sejak 1991, dengan total penjualan fantastis mencapai 433.117 unit.

Isuzu Panther, dengan segala inovasinya, telah menciptakan tempat istimewa di hati konsumen Indonesia selama lebih dari tiga dekade. Meskipun perjalanan resminya berakhir, legenda Raja Diesel akan terus dikenang dalam sejarah otomotif Indonesia. Otoinfo.

Baca Juga:  Ditunggu-tunggu! Akhirnya Rilis Honda Beat 125?

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.