Jangan Dibuang! Manfaatkan Oli Bekas Untuk Kebutuhan Sehari-hari, Bisa Jadi Ladang Penghasilan

Otoinfo.id – Saat ini pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat bisa dikatakan membludak. Bahkan satu rumah biasanya ada lebih dari satu motor.  Dalam hal perawatan baik mobil maupun motor, biasanya wajib dan rutin diganti oli. Tentu ini berdampak pada limbah oli.

Oli bekas memang dikategorikan sebagai limbah berbahaya, namun perlu diketahui kalau oli bekas ini ada banyak yang dapat kita manfaatkan. Berbagai manfaat oli bekas untuk kebutuhan sehari-hari ini tentu beragam, tapi bisa juga untuk ladang penghasilan.

Baca Juga : Mengapa Oli Bekas Berwarna Hitam? Ini Penjelasanya

Oleh karena itu, simak tips memanfaatkan oli bekas selengkapnya berikut ini.

Untuk Menghilangkan Karat

Oli bekas dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada pagar rumah yang berbahan dasar besi. Caranya dengan mengoleskannya menggunakan kuas dan diamkan beberapa menit. Selanjutnya bersihkan menggunakan lap lalu bilas dengan air bersih.

Untuk Pelumas Rantai

Cara ini mungkin sudah banyak diketahui oleh pengguna motor. Ya, daripada dibuang oli bekas ini bisa untuk melumasi rantai motor supaya tidak mudah berkarat, apalagi di musim penghujan.

Baca Juga : Tips Mobil: Awas! Jangan Telat Ganti Oli, Baca Petunjuk Ini

Dijual Ke Pengepul

Nah, oli bekas juga bisa dijadikan ladang penghasilan. Oli bekas yang sudah tidak terpakai bisa dijual ke pengepul. Para pengepul ini biasanya mendatangi bengkel motor dan mobil.