Jangan Sepelekan Air Radiator! Ada Umur Pemakaiannya

Jangan gunakan air biasa untuk mengisi radiator

Otoinfo.id – Karena air radiator berperan penting untuk pendinginan mesin, maka harus diperhatikan jangan sampai disepelekan, karena dibeberapa kasus motor mengalami over head bahan jebol hanya karena air radiator.

Jadi, air radiator ini memiliki masa pemakaiannya, bisa dihitung dengan jarak atau kilometer yang dilalui. Seperti halnya yang disampaikan Sadam dari bengkel Alkhadafi motor.

Baca juga : MXGP 2020: Balap Tertunda Karena Corona, Stephen Rubini Sembuh Dari Cidera

“Air radiotor atau coolant diganti setiap 12.000 km sekali. Jika telat mengganti air radiator, beberapa kasus bisa bikin mesin rontok atau jebol,” ucap Sadam.

Kalian bisa juga servise berkala di bengkel resmi, biasanya sudah dijadwalkan untuk pergantian air radiator atau coolant.

Selain pergantian yang rutin Sadam juga mengatakan pentingnya menggunakan coolant atau air radiator. “Jangan pakai air biasa sebagai pengganti air radiator atau coolant, itu membuat part-part di sistem pendinginan jadi berkarat,” tambahnya.

Baca juga : Harga Striping Motor Original Bisa Sampai Jutaan! Apa Sebabnya?

Maklum pada air biasa termasuk air mineral enggak ada corrosion inhibitor. Corrosion inhibitor adalah yang biasa ada di air radiator atau coolant bisa mencegah karat. Bagus Adit