Jeep Rubicon Cina Resmi Hadir di Indonesia: Gagah dan Maskulin, Berapa Harga BAIC BJ40?

Jeep Rubicon Cina Resmi Hadir di Indonesia: Gagah dan Maskulin, Berapa Harga BAIC BJ40?

OtoinfoBAIC, pabrik asal Cina telah memperkenalkan produk debutannya di pasar Indonesia, yaitu BJ40. SUV ini menampilkan profil yang mirip dengan mobil kenamaan Jeep Wrangler Rubicon, yang dikenal dengan kesan gagah dan maskulin.

BJ40 sebenarnya bukanlah model baru. Mobil ini pertama kali muncul dalam bentuk konsep pada tahun 2010 di Beijing Auto Show, pada saat itu dalam varian short wheelbase.

Kemunculannya langsung menuai kontroversi karena desainnya yang sangat mirip dengan Jeep Wrangler. Namun, BAIC, pabrikan mobil Cina yang memproduksi BJ40, tetap teguh dan meluncurkan model produksi yang tampil di Guangzhou Auto Show 2013.

Baca Juga:   All New Ertiga Hybrid Cruise Kesempurnaan dan Efisiensi

Saat ini, BJ40 hadir dalam model facelift sejak tahun 2019, dengan versi terbaru bernama BJ40 Plus. Versi long wheelbase dengan lima pintu ini menampilkan desain yang mirip dengan Jeep Wrangler Unlimited, namun dengan sentuhan modern pada fasad, termasuk lampu mengotak yang menggunakan teknologi LED.

Dimensi keseluruhan BJ40 Plus sedikit lebih kecil dibandingkan Wrangler Unlimited, dengan panjang 4.645 mm, lebar 1.925 mm, tinggi 1.871 mm, dan wheelbase 2.745 mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi, mencapai 210 mm, yang menjadikannya cocok untuk melewati medan off-road yang sulit.

Baca Juga:   Nostalgia nih! Suzuki Shogun Kebo, Motor Bebek 4-Tak Pertama dari Suzuki di Indonesia

Desain interior BJ40 Plus mengingatkan pada Jeep maupun Mercedes G-Class, dengan posisi duduk yang tinggi dan tegak, memudahkan pengemudi untuk memantau area sekitar. Meskipun kabinnya tidak terlalu lapang, kualitas material yang digunakan terasa berkualitas dan solid.

Dari segi performa,  BAIC BJ40 Plus dibekali dengan mesin 4 silinder 2000 cc turbo yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 221 horsepower dan torsi 380 Nm. Transmisi otomatis 8 percepatan dari ZF memberikan perpindahan yang sigap dan smooth, dengan tarikan yang kuat di putaran atas dan hentakan torsi yang juga kuat.

Baca Juga:   Yamaha Nuvo 160 White Edition 2024 Resmi Hadir di Indonesia