Otoinfo – Pada Sesi FP1, Johann Zarco masih menggunakan desain aero-body awal pada Honda RC213V-nya, belum menggunakan aerobody homologasi kedua. Namun, di akhir sesi Practice Pra-Kualifikasi kemarin, Zarco menggunakan aerobody tersebut di trek.
Sehingga menjadikannya pembalap Honda pertama yang menghomologasikan desain aero kedua untuk musim ini. Perbedaan dari desain aerobody kedua dengan yang sebelumnya tes di Jerez dan Mugello, terutama terlihat pada bagian Side Fairing.
Desain aerobody kedua hadir dengan Sidepod yang berbeda, dilengkapi dengan Downwashduct dan detail Ground effect pada side fairing. Selain itu, terdapat perubahan pada ventilasi saluran udara pembuang panas.
Aerodinamika bagian belakang milik Johann Zarco juga mengalami perubahan dengan model detail silder di jok belakang dan aero model gawang, menggantikan kombinasi ala sirip stegosaurus pada desain pertama.
Tak hanya itu, bentuk knalpot juga mengalami perubahan signifikan. Knalpot yang didesain bersama HRC dan Akrapovic ini lebih pendek dan mungil dibandingkan model sebelumnya, baik di knalpot belakang maupun knalpot bawah. Perubahan ini kemungkinan mempengaruhi pita power dan torsi yang dihasilkan knalpot ini.
Honda, yang masuk dalam kelas D konsesi MotoGP 2024, memungkinkan setiap pembalap Honda untuk menghomologasikan dua kali desain Aero-Body selama musim berlangsung secara independen.
Johann Zarco yang sudah menggunakan satu desain aerobody, masih memiliki satu desain lagi yang bisa dihomologasikan. Namun, jika dia memilih untuk menghomologasikan desain ketiga, salah satu dari desain aerobody sebelumnya harus dilepas dari alokasinya. Otoinfo.