Juara Nasional! Kerennya Modifikasi Honda Scoopy Bobber

Juara Nasional! Kerennya Modifikasi Honda Scoopy Bobber

Otoinfo – Pecinta modifikasi sepeda motor Honda Scoopy dapat menemukan inspirasi baru dari kisah modifikator Aditya Candra asal Samarinda, Kalimantan Timur. Pada ajang Honda Bikers Day (HBD) 2023 di Malang, Aditya berhasil meraih gelar Juara Nasional dengan modifikasi Honda Scoopy bergaya bobber yang unik. Konsepnya terinspirasi dari bunga melati, menciptakan tampilan yang begitu menawan.

Konsep Matik Bobber ‘Melati’

Honda Scoopy 2023 yang diubah oleh Aditya Candra mengusung tema ‘melati’ dalam gaya bobber. Konsep matik bobber ini mencerminkan keindahan dan kesan elegan yang diilhami oleh bunga melati. “Konsepnya itu matik bobber, temanya mengambil dari bunga melati, konsepnya melati. Ya artinya bagus kan kalau melati,” ungkap Aditya.

Baca Juga:   Terbaru MotoGP 2025: Kontrak Pembalap dan Persaingan Tim!

Modifikasi yang Unik dan Berbeda

Pada umumnya, skutik yang dimodifikasi pada Honda Modif Contest saat HBD 2023 mengambil konsep racing, low rider, elegan, atau sporty. Namun, Aditya memutuskan untuk tampil berbeda dengan menciptakan modifikasi yang lebih membumi tanpa kesan murahan. Proses modifikasi berlangsung selama kurang lebih sebulan.

Aditya dan timnya awalnya merancang konsep modifikasi menggunakan perangkat seperti Photoshop dan Corel Draw. Mereka juga berkonsultasi dengan teman-teman dan saudara sebelum eksekusi, memastikan bahwa setiap detail sudah terlihat sebelum diwujudkan.

Sentuhan Kreatif pada Komponen Kendaraan

Aditya menggunakan keahliannya dalam meracik sketsa untuk menerapkan motif ‘melati’ pada berbagai komponen kendaraan. Bagian bodi, misalnya, dihiasi dengan gambar melati menggunakan metode airbrush. Modifikasi juga mencakup bagian kaki-kaki, di mana per bawaan dipotong agar kendaraan menjadi lebih rendah. Jok Scoopy dibuat menjadi single seater, sementara bagian belakangnya berfungsi sebagai tangki bensin.

Baca Juga:   Honda U Go GT 2023: Skutik Listrik Ramah Lingkungan dengan Fitur Canggih

Biaya Modifikasi yang Signifikan

Modifikasi yang dilakukan pada Honda Scoopy bernama Scooti alias Scoopy Melati ini dikabarkan menghabiskan biaya hingga Rp 20 jutaan. Angka ini setara dengan harga satu unit Scoopy keluaran baru. Salah satu tantangan terbesar dalam modifikasi ini adalah mencapai keseimbangan pada pelek dan kaki-kaki yang dibuat secara handmade. Aditya menjelaskan bahwa ini adalah percobaan ketiganya, dan hanya kali ini dia berhasil mencapai keseimbangan yang diinginkan.

Baca Juga:   Pesaing Vario 125?! Honda Karisma 125 Matic Harga Terjangkau!

Juara Nasional dalam Ajang HMC 2023

Upaya keras Aditya dalam Modifikasi Honda Scoopy Bobber Melati tidak sia-sia. Skutik ini berhasil meraih gelar Juara Nasional pada ajang Honda Modif Contest 2023, dan menjadi bagian dari kelas Sport dan FFA. Selain gelar prestisius, para juara nasional mendapatkan hadiah uang pembiayaan dan kesempatan untuk menjadi modifikator dalam Honda Dream Project 2023. Mereka akan didampingi langsung oleh mentor pemodifikasi ternama Tanah Air. Otoinfo.