Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban?

Otoinfo.id – Ban adalah komponen motor yang bisa dikatakan paling penting dan harus selalu. Karena tanpa adanya ban, maka kendaraan tidak akan bisa digunakan untuk berkendara. Sebagai pengendara sebaiknya kita selalu memperhatikan dalam perawatan ban motor, karena jika tidak maka bisa menimbulkan risiko yang berbahaya.

Baca Juga : Tips : Agar Motor Kamu Tidak Cepat Turun Mesin!

Seperti contohnya adalah kondisi ban yang sudah aus. Kondisi ini bisa mengakibatkan terganggunya pengendaraotor dalam berkendara serta dapat membahayakan diri. Jika kondisi ban sudah aus maka ban menjadi licin serta kekuatan cengkraman rem tidak akan sekuat ketika ban dalam kondisi ideal.

Baca Juga : Ternyata, Begini Cara Membaca Kode Ban Motor! Metrik Dan Imperial

Ya, Jadi untuk menghindari risiko yang dapat terjadi kapan saja, ban perlu diganti secara berkala . Kapan sih waktu yang tepat dalam mengganti ban motor?, Yuk simak penjelasan berikut ini ;

Baca Juga : Tips Menambah Kecepatan Motor Tanpa Melakukan Bore Up.

• Hal pertama adalah cek kondisi alur ban, jika sudah menipis atau sudah gundul maka itu salah satu faktor untuk Anda segera mengganti ban motor.

Baca Juga : Tips Aman Berkendara di Jalan yang Licin.

•Selalu perhatikan Jarak Tempuh Kendaraan. Ban motor bagian depan disarankan untuk segera diganti setelah digunakan berkendara dengan jarak hingga 12.000 km. sedangkan untuk roda belakang disarankan juga untuk diganti apabila Anda telah berkendara dengan jarak 10.000 km.  Namun, Anda harus tetap mengecek ban motor tersebut setelah berkendara jarak jauh.

• Perhatikan Usia Ban Motor. Semestinya usia ban motor yang direkomendasikan maksimal adalah 2 tahun. Lebih dari itu, disarankan untuk segera diganti. Karena jika dibiarkan saja maka akan mengakibatkan, ban timbul retakan, bocor, dan botak.

•Ban Motor yang Sudah Sering Mengalami Kebocoran. Ketika ban motor sudah mengalami kebocoran sebaiknya langsung segera diganti dengan ban yang baru. Karena hal itu menandakan bahwa ban sudah tidak bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga : Tips: Cara Membuat Akselerasi Motor Scoopy Menjadi Enteng

Demikianlah penjelasan tentang Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Ban Motor. Selalu Pastikan bahwa ban tidak aus, retak, atau botak karena dengan demikian kita bisa menghindari kondisi ban selip serta risiko-risiko lain yang dapat ditimbulkan.