Katup Ekspansi Bermasalah Bisa Jadi Penyebab AC Mobil Tak Dingin

OtoInfo.Id-Pendingin kabin kendaraan terdiri dari banyak komponen. Sebagai sebuah kesatuan, masing-masing komponen memiliki fungsinya tersendiri dan apabila mengalami kerusakan akan mempengaruhi seluruh sistem. Salah satu komponen penting yang harus mendapatkan perhatian adalah katup ekspansi.

Katup ekspansi berada di saluran masuk sebelum evaporator, di mana berfungsi sebagai pengkabut cairan refigerant dari kondensor untuk menurunkan suhu. Seiring pemakaian, komponen ini akan mengalami penurunan performa sehingga kemampuan untuk mendinginkan kabin ikut berkurang.

“Rekomendasi penggantian setiap 20 ribu km atai 1 tahun,” jelas Yanto dari Kikijaya Airconindo-Denso di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Adapun kerusakan yang sering terjadi yakni terjadinya penyumbatan sehingga kerja pengkabutan menjadi tidak maksimal. Kotorannya sendiri berasal dari keausan kompresor AC, di mana partikel kecil yang dihasilkan akan menumpuk di lubang katup ekspansi seiring pemakaian.

Untuk mengetahui gejala tersebut yakni dengan melakukan pemeriksaan menggunakan manipol gauge atau alat pemeriksa tekanan. Jika tekanan yang dihasilkan tak sesuai batas normal, besar kemungkinan katup ekspansi mengalami penyumbatan.

Masalah lainnya adalah katup ekspansi yang terlalu renggang lubangnya. Kondisi tersebut membuat cairan refigerant yang dikabutkan keluar terlalu banyak. Alhasil udara dingin yang seharusnya didapat malah tak tercapai. Adapun solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan penggantian katup ekspansi. (FD)

Foto pribadi