Kawasaki KLX 150 SM, Supermoto dengan Mesin Lebih Unggul

Kawasaki KLX 150 SM, Supermoto dengan Mesin Lebih Unggul

Otoinfo – Kawasaki KLX 150 SM telah menjelma menjadi salah satu pilihan utama bagi para penggemar supermoto sejati.

Berbeda dengan versi offroad, KLX 150 SM ini menawarkan sejumlah keunggulan yang tak dapat diabaikan, salah satunya adalah keunggulan dalam hal napas mesin yang lebih panjang.

Apa sebenarnya rahasia di balik keunggulan ini? Mari kita ungkap bersama-sama.

Mesin yang Unggul

Dapur pacu Kawasaki KLX 150 SM mengandalkan mesin yang sama dengan versi trailnya. Mesin ini merupakan unit 1 silinder SOHC 2 katup yang dilengkapi dengan sistem pendinginan udara serta menggunakan karburator sebagai penyuplai bahan bakar dan udara.

Baca Juga:   Bandingkan Chevrolet Equinox dan Mitsubishi Eclipse Cross! Interior Nyaman dan Performa Mengagumkan

Dengan kapasitas murni sebesar 144 cc, yang dihasilkan dari bore x stroke sebesar 58,0 x 54,4 mm, mesin ini menawarkan kinerja yang tangguh dalam berbagai kondisi.

Rasio kompresinya yang rendah, hanya sebesar 9,5:1, menjadikan KLX 150 SM ini lebih ramah terhadap penggunaan bahan bakar.

Namun, jangan salah sangka dengan performanya. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,9 dk (8,6 kW) pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 11,3 Nm pada kitiran 6.500 rpm.

Baca Juga:   Honda Resmi Merilis Skutik Baru, Honda Giorno+ 125cc eSP

Didukung oleh transmisi manual 5 percepatan, tenaga ini tersalur secara optimal ke roda belakang, memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan.

Final Gear yang Berbeda

Salah satu perbedaan signifikan antara Kawasaki KLX 150 SM dengan versi trailnya terletak pada final gear.

Final gear pada KLX 150 SM memiliki perbandingan yang berbeda dengan versi trail, yang berkontribusi pada karakteristik berkendara yang berbeda pula.

Baca Juga:   Hyundai Santa Fe 2024: Revolusi SUV Mewah dengan Desain dan Teknologi Terkini

Versi supermoto menggunakan final gear dengan perbandingan 45/14, sementara versi trail menggunakan final gear dengan perbandingan 52/14.

Perbedaan ini tidak hanya mempengaruhi akselerasi dan kecepatan maksimal, tetapi juga memberikan nuansa berkendara yang berbeda antara kedua versi ini.

Pengalaman Berkendara yang Mengasyikkan

Dengan segudang keunggulan yang dimilikinya, Kawasaki KLX 150 SM menawarkan pengalaman berkendara yang mengasyikkan bagi para pecinta supermoto.