Otoinfo – Segmen sepeda motor trail kelas 250cc untuk penggunaan jalan raya semakin diminati, dan dua pilihan utama berasal dari Kawasaki dan Honda. Keduanya menawarkan model dual purpose, yakni Kawasaki KLX250 dan Honda CRF250Rally. Mari kita bandingkan keduanya dari berbagai aspek.
Desain Eksterior
Desain KLX250 mencerminkan identitas trail Kawasaki dengan kesan saudara sejati, mirip dengan KLX150. Garis-garis kasar dan desain yang sederhana memberikan penampilan yang tangguh dan sporty. Sementara itu, CRF250Rally menonjolkan desain yang lebih futuristik dan adventure-oriented. Dengan windscreen yang mencolok dan dua lampu LED tidak simetris, motor ini menampilkan nuansa motor reli Dakar yang menarik perhatian.
Desain lampu depan yang tidak simetris pada CRF250Rally menciptakan tampilan yang unik dan berbeda dari kebanyakan sepeda motor trail. Windscreen yang melengkung memberikan perlindungan tambahan kepada pengendara dari angin dan elemen-elemen luar saat berkendara di jalur off-road atau jalan raya.
Dimensi dan Berat Kawasaki KLX250 dan Honda CRF250Rally
KLX250 memiliki dimensi lebih kompak dengan panjang 2.200 mm, lebar 820 mm, dan tinggi 1.190 mm. Sementara CRF250Rally lebih besar dengan panjang 2.210 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1.425 mm. Meskipun lebih besar, ground clearance CRF250Rally lebih rendah, dan bobotnya lebih berat 17 kg.
Suspensi dan Rem
KLX250 menggunakan suspensi depan upside down 43 mm dan suspensi belakang monoshock Uni-Trak. CRF250Rally dilengkapi dengan suspensi depan upside down 43 mm dan suspensi belakang monoshock Pro-Link. Keduanya memiliki roda depan 21 inci dan belakang 18 inci. Rem depan KLX250 berukuran 250 mm, sementara CRF250Rally menggunakan cakram floating disk 256 mm.
Mesin Kawasaki KLX250 dan Honda CRF250Rally
KLX250 ditenagai oleh mesin 249cc, 1 silinder, DOHC, dengan daya maksimum 18.0 Kw pada 9.000 rpm dan torsi 21 Nm pada 7.000 rpm. Mesin ini menawarkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar, cocok untuk pengendara yang menginginkan performa handal di berbagai kondisi.
Sementara itu, CRF250Rally memiliki mesin 249.6 cc, DOHC, berpendingin cairan, dengan daya maksimum 18.2 kW pada 8.500 rpm dan torsi 22.6 Nm pada 6.750 rpm. Mesin ini dirancang untuk memberikan daya dorong ekstra saat melibas medan off-road, dan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection System) memastikan respons gas yang presisi.
Harga
KLX250 dibanderol Rp 65.100.000 on the road (OTR) Jakarta, lebih terjangkau Rp 18.500.000 dari CRF250Rally yang dihargai Rp 83.600.000.
Dalam memilih antara Kawasaki KLX250 dan Honda CRF250Rally, faktor desain, dimensi, performa mesin, dan harga bisa menjadi pertimbangan utama. Keduanya menawarkan keunggulan masing-masing, dan pilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengendara. Otoinfo