Revolusi Kelas Entri di Kejuaraan Dunia Superbike 2026

Revolusi Kelas Entri di Kejuaraan Dunia Superbike 2026

Otoinfo.id – Kelas WSSP, terutama setelah diperkenalkannya WSSP New Generation, telah meningkatkan lanskap dan karakter motor dalam kelas intermediate balap motor produksi massal. Kondisi ini menciptakan kebutuhan akan kelas entri balap yang diupgrade untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Menyikapi hal ini, Komisi SBK saat ini sedang berupaya memperkenalkan kelas entri baru ke dalam Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike pada tahun 2026, yang menandai evolusi signifikan dalam lanskap balap motor.

Baca Juga:   Luar Biasa! Honda PCX 160 2024 Bikin Nmax Terasa 'Biasa', Harga Terjangkau dengan Sentuhan Baru!

Kelas baru ini akan menggantikan FIM Supersport 300 World Championship (WorldSSP300) yang telah sukses menjadi kelas pembibitan atau feeder class sejak diluncurkan pada tahun 2017. Salah satu tujuan utama dari inisiatif baru ini adalah untuk memperlancar jalur perkembangan bagi para pembalap agar dapat naik ke kelas yang lebih besar, khususnya ke FIM Supersport World Championship (WorldSSP). Dengan menutup kesenjangan kinerja antara kelas pemula dan menengah, tujuannya adalah menciptakan transisi yang lebih mulus bagi para pembalap, mendorong perkembangan mereka, dan mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan kompetitif di kategori yang lebih tinggi.

Baca Juga:   Rahasia Terbongkar! Marc Marquez Beberkan Alasan Sulit Bersaing dengan Francesco Bagnaia dan Jorge Martin di MotoGP!

Selain itu, langkah ini dirancang untuk menarik minat lebih besar dari para produsen dengan memungkinkan mereka memamerkan mesin yang mencerminkan segmen pasar yang sedang berkembang. Kelas baru ini akan menampilkan sepeda motor lincah dengan mesin berkapasitas tingkat menengah yang lebih bertenaga, dengan rincian yang akan ditentukan oleh Komisi SBK dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Baca Juga:   MotorPrix 2021 (Jambi): Sukses Juara Umum, Honda Capella Boyong Hadiah Motor Persembahan H. Putra

Musim terakhir seri WorldSSP300 akan berlangsung pada tahun 2025, memberikan waktu yang cukup bagi tim dan pabrikan untuk mempersiapkan transisi ke kelas baru pada tahun 2026. Periode ini akan memastikan peralihan yang lancar dan terkoordinasi dengan baik, memungkinkan semua pemangku kepentingan untuk beradaptasi dengan peraturan teknis dan olahraga yang baru.