Wednesday, July 2, 2025
spot_img

Kembar Tapi Beda: Yamaha MT-125 Eropa vs Yamaha MT-15 Indonesia

Otoinfo – Yamaha MT-15 memiliki saudara kembar di Eropa yang diberi nama MT-125 karena mesinnya yang berkapasitas 125 cc.

Meskipun keduanya memiliki kemiripan dalam desain seperti bentuk headlamp, tangki, dan bodi belakang yang menyerupai pinang dibelah dua, namun ada perbedaan signifikan antara MT-15 di Indonesia dan MT-125 di Eropa.

Bagi penggemar otomotif di Indonesia, jangan khawatir karena versi Eropa ini menawarkan beberapa part yang lebih canggih.

Perbedaan pertama terletak pada sokbreker depan. Meskipun keduanya menggunakan jenis upside down, MT-125 di Eropa memiliki diameter as sebesar 41 mm, sedangkan versi Indonesia hanya 37 mm.

Perbedaan ini memberikan tampilan kokoh dan padat pada MT-125 Eropa. Selanjutnya, posisi piringan cakram depan juga berbeda, dengan versi Eropa menempatkannya di sebelah kiri.

Baca Juga:  Yamaha All New R15 Connected: Pembaruan Warna dan Kekuatan Fitur Tanpa Batas

Keunggulan lainnya terletak pada kaliper cakram depan yang bertipe radial. Kaliper ini memiliki konstruksi yang berbeda dengan kaliper axial yang umumnya digunakan pada motor-motor berkapasitas kecil, termasuk MT-15 Indonesia.

Kaliper radial terpasang ke sokbreker dengan arah ke depan, memberikan karakter yang lebih rigid dan pengereman yang lebih akurat.

Baca Juga:  MotorTerbaik! Yamaha Aerox 160: Keunggulan yang Menjadikannya Motor Terbaik Sepanjang Masa

Bahkan, kaliper radial ini dilengkapi dengan master rem yang berbeda, memberikan feel dan feedback pengereman yang lebih baik.

Pelek juga menjadi perbedaan mencolok, di mana MT-125 Eropa memiliki palang berbentuk huruf Y berjumlah enam, sementara versi Indonesia hanya lima.

Hal ini membuat kaki-kaki Yamaha MT-125 terlihat lebih gagah. Bahkan, detail minor seperti spion juga diadopsi dari MT-25, memberikan sentuhan lebih baik pada desain.

Meski MT-125 Eropa memiliki keunggulan dalam perincian desain dan komponen kaki-kaki yang lebih canggih, MT-15 Indonesia unggul dalam sektor mesin.

Baca Juga:  Kawasaki Ninja 250 2023: Spesifikasi, Warna, dan Harga Terbaru

Dengan mesin berkapasitas 155 cc dan Variable Valve Actuation (VVA), MT-15 Indonesia menghasilkan tenaga 19,04 dk dan torsi 14,7 Nm.

Meskipun demikian, mesin 125 cc pada MT-125 Eropa dengan VVA tetap mampu memberikan performa yang mengesankan dengan tenaga 14,75 dk dan torsi 11,5 Nm.

Pertanyaannya, apakah Anda lebih memilih Yamaha MT-125 dengan desain mewah namun mesin berkapasitas kecil, atau Yamaha MT-15 yang sederhana namun memiliki mesin yang lebih bertenaga? Otoinfo.

Latest Posts