Otoinfo – Pada akhir musim MotoGP 2023, tim Ducati Lenovo bersorak gembira karena Francesco Bagnaia resmi memastikan diri sebagai juara dunia.
Kemenangan gemilangnya di MotoGP Valencia 2023, yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada Minggu, 26 November 2023, menandai prestasi luar biasa yang mengukir sejarah.
Sebelum memasuki balapan penutup musim, Bagnaia telah dipastikan sebagai juara dunia setelah saingannya, Jorge Martin, terjatuh dalam insiden dengan Marc Marquez. Dengan perolehan poin 467, Bagnaia unggul 39 poin dari Martin yang hanya mengumpulkan 428 poin.
Namun, keberhasilannya bukan hanya sekadar mengukir rekor poin, melainkan menyamai catatan beberapa legenda MotoGP.
Francesco Bagnaia menjadi pembalap ketiga di era MotoGP modern sejak 2002 yang mampu meraih gelar juara secara beruntun, atau yang biasa dikenal dengan istilah “back-to-back.” Sebelumnya, hanya dua nama besar, Valentino Rossi dan Marc Marquez, yang pernah mengukir prestasi serupa.
Valentino Rossi meraih gelar juara MotoGP secara beruntun sebanyak empat kali, yakni pada tahun 2002, 2003, 2004, dan 2005. Marc Marquez juga menyusul dengan empat gelar beruntun pada 2016, 2017, 2018, dan 2019, setelah sebelumnya meraih back-to-back pada 2013 dan 2014.
Namun, keunggulan Francesco Bagnaia tidak hanya sampai di situ. Pembalap berbakat ini juga berhasil menyamai rekor legenda MotoGP lainnya dengan menjadi pembalap pertama yang mampu mempertahankan gelar menggunakan nomor #1. Rekor ini sebelumnya hanya pernah dicapai oleh Mick Doohan pada tahun 1998. Sebuah pencapaian gemilang yang mematahkan asumsi konspirasi bahwa pembalap yang menggunakan nomor tersebut tidak akan mampu mempertahankan gelar juara.
Dengan prestasi mengesankan ini, Francesco Bagnaia tidak hanya menjadi juara dunia MotoGP 2023, tetapi juga mencatatkan namanya dalam buku sejarah sebagai pembalap yang mengukir prestasi luar biasa dengan menyamai rekor para legenda.
Keberhasilannya menciptakan kisah back-to-back yang memikat hati para pecinta MotoGP dan memberikan penghormatan kepada para legenda yang membuka jalan baginya. Otoinfo.
More Stories
Misteri Tim M Jordan Badaru di ARRC Mandalika, Bikin Penasaran!
Iker Lecuona Pamit dari Honda, Siap Gaspol Bersama Aruba.it Ducati
Sejarah Toyota Corolla Generasi Keenam (E90; 1987): Desain Lebih Aerodinamis, Varian Mesin Beragam, hingga Produksi Panjang di Afrika Selatan