Otoinfo – Bagi para pecinta motor sport, nama Kawasaki Ninja 300 tentu tidak asing. Motor sport ini menonjolkan kapasitas mesin yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan para pesaingnya yang hanya memiliki 250cc, mesin 300cc pada Ninja memberikan performa yang lebih unggul.
Kawasaki Motor Indonesia telah menghentikan penjualan Ninja 300 di pasar domestik. Meskipun demikian, motor ini tetap diminati dengan jumlah yang sangat terbatas, hanya 100 unit bersamaan dengan model ZX-10R. Keterbatasan unit membuat antusiasme masyarakat tinggi, dan motor ini pun langsung terjual habis.
Dari segi tampilan, Ninja 300 mirip dengan versi 250cc, data teknis menunjukkan bahwa spesifikasi sasis dan bodinya sama persis, dengan perbedaan utama pada ukuran ban, menggunakan ban belakang keluaran IRC yang tubeless dengan tipe Road Winner, sedangkan Ninja 250 memakai ukuran 140/70.
Spesifikasi mesin Ninja 300 mencakup kapasitas 296cc, 2 silinder, 4 tak, dan DOHC. Motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 39 ps dengan torsi maksimal mencapai 28 Nm, transmisi manual 6 percepatan dengan kopling basah memberikan performa yang superior. Fitur slipper clutch, yang pada tahun 2015 masih jarang ditemui pada motor sport, hadir pada Ninja 300 untuk mengurangi gejala back-torque atau engine brake saat menurunkan gigi.
Dimensi Ninja 300 identik dengan Ninja 250, dengan panjang 2.015 mm, lebar 715 mm, dan tinggi 1.100 mm, meskipun mesinnya lebih besar, bobotnya tetap 172 kg, sama seperti Ninja 250. Mesin yang lebih besar tidak mengakibatkan perbedaan yang signifikan pada bobot.
Konsumsi bahan bakar Ninja 300 cukup efisien berkat teknologi fuel injection (FI), dengan rasio 1:25 km per liter, fitur keamanan seperti Anti-Lock Braking System (ABS) memberikan perlindungan ekstra, dengan cakram depan berukuran 290 mm dan belakang 220 mm.
Suspensi depan menggunakan teleskopik fork dengan diameter 37 mm, memberikan kenyamanan saat berkendara di jalan berlubang, suspensi belakang dengan sistem Uni-Trak dilengkapi shockbreaker yang dapat disesuaikan dengan 5 tingkat penyetelan, memberikan fleksibilitas kepada pengendara untuk mengatur tingkat kekerasan atau kelembutan.
Panel instrumen Ninja 300 memiliki desain baru dengan tampilan digital yang informatif dan sporty. Layar LCD multi-fungsi termasuk pengukur bahan bakar, tachometer analog, dua indikator meteran, jam, indikator ergonomis pengendara, dan lampu belakang LED putih untuk visibilitas maksimal di malam hari.
Meskipun tidak lagi tersedia di pasar Indonesia, Kawasaki Ninja 300 tetap menjadi pilihan menarik bagi pecinta motor sport berkapasitas besar. Otoinfo.
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer