Kenapa Mesin Diesel Tidak Menggunakan Busi? Ini Penjelasannya!

Otoinfo.id – Kendaraan bermotor saat ini memiliki beberapa jenis, salah satunya yaitu mesin diesel. Mesin yang satu ini cukup unik, karena berbeda dengan yang lain, yaitu tidak adanya busi. Lalu bagaimana cara meledakan kompresinya? Ternyata ini penjelasaannya.

Ditulis pada akun instagram @ctxindonesia yang menjelaskan tentang, cara kerja mesin diesel itu sendiri.

Baca Juga:   Cicilan Mulai Segini! Simulasi Kredit Mitsubishi Pajero Sport 2024

Baca juga: MotoGP Austria 2020: Rossi Beberkan Ketakutan Saat Selamat dari Insiden Mengerikan

Karena tidak menggunakan busi, mesin diesel hanya ada injektor untuk menyemprotkan bahan bakar. Kemudian yang paling utama adalah kompresi mesin.

Karena rata-rata kompresi pada mesin diesel adalah 14:1 sampai 23:1, angka in ijauh lebih tinggi dibandingkan mesin bensin yang menggunakan busi.

Baca Juga:   Gadhuro Road Race 2019 Slawi: Reza Hanum Jawara Bebek TU 150 Open, Knalpot Proliner Dominasi Podium

Baca juga :Alexis Dukung Gerakan Jatim Bermasker Bersama Polrestabes Surabaya

Karena dari kompresi yang tinggi maka udara yang masuk akan memiliki suhu yang panas, lalu saat terjadi kompresi, injektor menyemprotkan solar dam terkadi pembakaran didalam ruang bakar. Ini yang juga menyebabkan mobil solar terkadang mengeluarkan asap hitam.

Ini juga yang menjadi penyebab mobil bermesin solar terkadang susah hidup saat pagi hari ataupun mesin dingin. Bagus Adit

Baca Juga:   Transformasi Kia Carnival! MPV Luxury yang Kembali Hadir dengan Kabin Super Lega dan Fitur Premium