Otoinfo.id – Jika Anda penggemar MotoGP, mungkin pernah bertanya-tanya: mengapa motor MotoGP tidak dipasang spion? Berbeda dari motor harian yang selalu dilengkapi kaca spion di bagian kiri dan kanan, motor balap MotoGP justru tampil tanpa komponen ini. Ternyata, hal ini bukan tanpa alasan—ada faktor keselamatan dan efisiensi yang jadi pertimbangan utamanya.
1. Alasan Keselamatan: Spion Bisa Jadi Bahaya
Menurut penjelasan dari situs resmi MotoGP, alasan utama absennya kaca spion adalah demi keselamatan pembalap. Dalam balapan dengan kecepatan tinggi, kontak antar pembalap tak bisa dihindari. Jika motor menggunakan spion dan terjadi tabrakan, maka serpihan kaca atau plastik spion dapat menimbulkan risiko tambahan di lintasan.
Selain itu, keberadaan spion bisa mengganggu ruang gerak pembalap saat mereka saling salip-menyalip di tikungan sempit atau saat terjadi insiden. Bahkan, komponen seperti winglet aerodinamis saja bisa terlepas saat terjadi senggolan, apalagi spion yang lebih rentan.
Baca Juga: Wow! Carlos Checa Ungkap Rahasia Dominasi Marc Marquez di MotoGP 2025: Semua Aspek Dikuasai!
2. Tidak Praktis dan Tak Diperlukan
Informasi Balapan Sudah Tersedia via Pit Board
Alasan lainnya adalah ketidakpraktisan spion dalam dunia balap profesional. Pembalap MotoGP tidak butuh melihat ke belakang secara langsung seperti pengendara motor biasa. Semua informasi mengenai posisi lawan di belakang sudah tersedia melalui pit board, yaitu papan informasi yang diberikan oleh kru tim di pinggir lintasan.
Pengaruh Terhadap Aerodinamika
Selain itu, spion juga bisa mengganggu aerodinamika motor. Setiap bagian pada motor MotoGP didesain untuk meminimalkan hambatan angin dan memaksimalkan kecepatan. Kehadiran spion justru dapat menciptakan drag (hambatan udara) yang bisa mengurangi performa secara keseluruhan.
Baca Juga: Spekulasi Panas! 5 Rider MotoGP Ini Terancam Tanpa Tim di Musim 2026, Siapa Saja Mereka?
Absennya spion pada motor MotoGP bukan sekadar soal desain atau estetika. Lebih dari itu, keputusan tersebut merupakan hasil pertimbangan matang terkait keselamatan pembalap, efisiensi balapan, dan optimasi performa motor di lintasan. Di dunia balap, setiap detail sangat menentukan, dan keberadaan spion justru dianggap sebagai penghalang dalam mengejar kemenangan.
More Stories
Spesifikasi & Warna Baru Honda BeAT 2025, Tampil Makin Keren! Cek Harga Terbarunya di Sini
“Harga Honda BeAT Bekas Mulai Rp5 Jutaan! Ini Tips Biar Nggak Dapat Motor ‘Rongsokan’”
Cari Honda BeAT Bekas di Bawah 5 Juta? Ini 6 Faktor Penting yang Menentukan Harganya!