Kendaraan Lama Tidak Dipakai Lama, Harus Ganti Oli? Ini Jawabannya!

Catalys X merawat mesin kendaraan anda

Otoinfo.id – Penggantian oli memang wajib dilakukan pada kendaraan bermotor. Karena pelumasan tersebut berfungsi untuk mengurangi gesekan dan memperpanjang waktu keausan komponen mesin.

Biasanya kendaaran bermotor harus mengganti oli dengan jarak tempuh kendaraan tersebut, semisal setiap 5.000 KM atau 10.000 KM. Nah, kalau kendaraan yang lama tidak dipakai apakah harus ganti oli juga? Untuk menjawabnya simak tulisan berikut!

Baca juga : Lindungi Mesin Matic Pakai Catalyst X dan CTX Gear

Ditulis dari akun instagram 2ctxindonesia, ada 2 standart patokan untuk mengganti oli kendaraan, yaitu dihitung dari jarak tempuh atau waktu.

Nah berikut ini ada 3 alasan mengapa oli pada kendaraan bermotor harus diganti meskipun tidak digunakan.

  1. Oksidasi Oli  
    Oksidasi adalah reaksi kimia atau ineraksi antara molekul oksigen dengan semua zat yang berbeda. Hal tersebut akan merusak oli meskipun mesin kendaraan dalam keadaan mati.
  2. Kontaminasi
    Oli yang telah dipakai akan terkena kontaminasi dari bbm, panas dan air dari kondensasi dalam mesin. Ini semua akan merusak oli meskipun tidak secepat ketika kendaraan digunakan.
  3. Penguapan
    Meskipun suhu dalam mesin tidak tinggi, penguapan akan terus terjadi walaupun lambat. Partikel yang lebih ringan akan mudah menguap, sehingga jumlah partikel yang berat akan lebih banyak dan membuat oli menjadi kental.

Nah, jika kendaraan jarang digunakan, oli boleh digunakan 2 kali lebih lama dari jarak yang ditentukan. Jika anda menggunakan oli sintetik atau oli yang berkualitas tinggi maka jangka waktunya akan lebih lama.

Baca juga : Catalyst X Cocok Buat Para Petouring, Ini Penjelasannya!

Tetapi jika kalian ragu untuk itu kalian bisa mengganti olinya dan menambahkan Catalyst X untuk membuat mesin terjaga. Karena Catalyst X berfungsi untuk merawat mesin motor anda.

Oh ya, kalian juga bisa follow akun instagram @ctxindonesia agar terus mendapat ilmu dan info terbaru tentang pelumasan. Oke! Bagus Adit