Kerap Dilupakan, Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar

Kerap Dilupakan, Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar
Kerap Dilupakan, Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar

Otoinfo – Air wiper mobil merupakan salah satu komponen yang seringkali diabaikan, namun memiliki peran krusial dalam memastikan visibilitas optimal saat berkendara. Seiring waktu, air wiper yang aus atau tidak berfungsi dengan baik dapat menjadi masalah serius, terutama saat cuaca tidak bersahabat. Ulasan ini akan membahas pentingnya air wiper mobil yang berkualitas dan tanda-tanda bahwa waktunya untuk menggantinya. Dengan menjaga kondisi air wiper, Anda dapat memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda dalam berbagai kondisi cuaca.

Baca Juga:   Sumardji, Manajer Timnas Sepakbola Indonesia yang Suka Balap Offroad 

Sahabat pengemudi, saat mobil kesayangan Sahabat mengalami masalah air wiper yang tidak keluar, tentu hal ini bisa menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan. Untuk memastikan kaca mobil tetap bersih, penting untuk mengetahui beberapa penyebab umum dan langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini.

Mengatasi Masalah Air Wiper Mobil yang Tidak Keluar

1. Air Wiper Habis

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa tabung reservoir air wiper. Buka kap mesin dan temukan tabung berbentuk putih transparan dengan logo wiper. Periksa level air di dalamnya. Jika air mencapai level Minimum (MIN) atau tabung kosong, isi kembali dengan cairan khusus wiper.

Baca Juga:   Hebat! Reaksi Elegan Fabio Quartararo Meski Tercecer, Pembalap Monster Energy Yamaha Bikin Hati Meleleh!

2. Penyumbatan Pada Nozzle

Penyumbatan pada nozzle dapat menghambat keluarnya air wiper. Gunakan jarum atau kawat kecil untuk membersihkan nozzle dan menghilangkan endapan kotoran yang mungkin ada di saluran air.

3. Selang Air Wiper Bocor atau Lepas

Periksa seluruh jalur selang air wiper, pastikan tidak ada kebocoran atau selang yang lepas dari tempatnya. Ganti selang yang bocor dan pastikan pemasangannya rapat.

Baca Juga:   Idaman anak Sekolah nih! Honda Giorno 125cc

4. Motor Wiper Rusak

Jika tidak terdengar suara mesin dari motor wiper saat tombol diaktifkan, kemungkinan motor wiper rusak atau aus. Periksa sekring dan sistem kelistrikan mobil. Jika perlu, bawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perbaikan.

5. Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin pada sistem air wiper, termasuk pembersihan nozzle secara berkala dan pengecekan kondisi selang. Hindari menggunakan air biasa atau campuran yang tidak sesuai untuk mencegah kerusakan pada sistem.