Ketahui 3 Teknik Pengereman Mobil Tanpa ABS Untuk Kondisi Darurat

Sahabat Club Daihatsu mengikuti praktek teknik teknik pengereman bersama Daihatsu
OtoInfo.Id-Adanya teknologi ABS (Anti-lock Braking System) sangat membantu pengendara saat berhenti mendadak, di mana mobil masih bisa dikendalikan sehingga terhindar atau meminimalisir insiden. Akan tetapi tak sedikit mobil di jalan raya saat ini yang masih tak memiliki teknologi tersebut.
Mobil tak memiliki ABS sebenarnya bisa bergerak layaknya mobil ABS ketika rem mendadak. Hanya saja dibutuhkan keterampilan yang perlu pelatihan terus menerus. Setidaknya terdapat 3 teknik pengereman mobil non-ABS seperti yang dipaparkan dalam acara Daihatsu Club Auto Clinic 2018 bertema Defensive Driving beberapa waktu lalu oleh PT Daihatsu Astra Motor (ADM).
“Dengan teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain. Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yang tepat,” ucap Ben Faqih selaku Executive Coordinator People Development Department – CSVC Division, PT Astra Daihatsu Motor saat gelaran yang diadakan bersama Sahabat Klub Daihatsu.
Berikut teknik pengereman tersebut :
1. Teknik Treshold
Teknik ini dilakukan dengan cara menahan pedal rem (sekitar 90 persen) atau tidak sampai mengunci. Kecepatan akan berkuranng secara bertahap, sembari mobil tetap bisa dikendalikan.
2. Teknik Stab
Pengeraman ini dilakukan dengan mengocok pedal rem atau tekan kemudian lepas berulag-ulang dengan secara cepat. Tak hanya dapat mengurangi kecepatan kendaraan, teknik ini mampu mencegah ban terkunci. Meski begitu, teknik ini memerlukan pelatihan yang didampingi ahli.
3. Teknik Squeeze
Mirip seperti teknik stab, namun pengaplikasiannya tidak terlalu cepat. (FD)