Ketahui Ini! Tips Aman Melintasi Jalan Tanjakan dan Turunan, Menggunakan Motor Matic

Ketahui Ini! Tips Aman Melintasi Jalan Tanjakan dan Turunan, Menggunakan Motor Matic

Otoinfo – Kalian perlu tahu hal ini supaya tetap aman berkendara dengan sepeda motor matic saat melintasi jalan tanjakan ataupun turunan di suatu tempat. Karena motor matic memiliki perbedaan signifikan dibandingkan dengan sepeda motor yang menggunakan kopling.

Jika kita memakai sepeda motor tipe sport atau bebek, terutama saat melewati jalanan menurun, kita bisa memanfaatkan engine brake dengan posisi gigi 1 untuk membantu mengurangi kecepatan. Lalu, bagaimana cara yang tepat saat menggunakan sepeda motor matic?

Berikut adalah tips berkendara melewati jalan tanjakan dan turunan menggunakan sepeda motor matic yang wajib kalian ketahui.

Baca Juga:   Ini Nih Penyebab Lampu Redup Saat Digas, Bahkan Mati!

Melewati Turunan Menggunakan Motor Matic

  1. Pemeriksaan Kendaraan Sebelum melewati turunan, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dengan memeriksa bensin, oli, rantai, ban, rem, dan komponen lainnya.
  2. Mengetahui Kondisi Rute Kenali kondisi jalan sebelum memasuki turunan untuk mengantisipasi berbagai macam medan.
  3. Persiapan Sebelum Turunan Kurangi kecepatan sebelum memasuki turunan untuk memaksimalkan proses pengereman.
  4. Teknik Berkendara di Turunan Saat melewati turunan, buka sedikit gas untuk mendapatkan efek engine brake. Posisikan tubuh condong ke belakang agar roda depan mendapatkan cengkraman yang kuat, mengurangi risiko terjungkal saat melewati turunan yang curam.
  5. Penggunaan Rem Gunakan rem depan dan belakang secara bergantian untuk mencegah brake fading. Berhentilah sejenak di tempat aman saat melewati turunan panjang untuk mendinginkan rem.
Baca Juga:   Rahasia Terungkap! Yamaha Nmax 160 VVA 2024 Bikin Nyaman Seperti Pelukan Pacar! Penasaran?

Melewati Tanjakan Menggunakan Motor Matic

  1. Pemeriksaan Kendaraan Sebelum berkendara, lakukan pengecekan terhadap kendaraan. Pastikan semua komponen seperti bensin, oli, rantai, ban, rem, dan perangkat lainnya dalam kondisi optimal.
  2. Mengetahui Kondisi Rute Penting untuk mengetahui kondisi jalan yang akan dilalui. Hal ini membantu dalam mengantisipasi medan yang akan ditemui.
  3. Persiapan Sebelum Tanjakan Sebelum memasuki tanjakan, ambil ancang-ancang dengan jarak yang cukup agar sepeda motor memiliki tenaga yang cukup untuk melewati tanjakan.
  4. Postur Berkendara Posisi tubuh harus condong ke depan agar roda depan memiliki cengkraman yang kuat terhadap permukaan jalan, mengurangi risiko roda depan terangkat saat melewati tanjakan yang curam.
  5. Teknik Pengereman Jika harus berhenti di tanjakan, gunakan rem belakang lebih dominan untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang.
Baca Juga:   Apa Benar Motor Injeksi Sering Kehabisan Bensin Jadi Rusak?

Dengan mengikuti tips-tips di atas, berkendara menggunakan sepeda motor matic saat melintasi  tanjakan dan turunan akan menjadi lebih aman dan nyaman. Otoinfo.