Kick Starter Matik Lemes, Begini Cara Memperbaikinya

Karena dimanjakan oleh elektrik starter, pengguna motor matik pun jarang menggunakan kick starter. Alhasil, saat akan digunakan, kadang starter engkol ini bermasalah.

Penuh kotoran membuat kick starter tidak bisa kembali

Nah, problem yang sering menimpa kick starter pada matik yakni tidak mau kembali ke posisi semula. Sehingga posisi kick starter berada di bawah dan tidak mau naik kembali setelah digunakan.

“Karena jarang digunakan pegas pembaliknya berkarat. Pegas stater pada matik tidak terendam oli sehingga mudah terkena kotoran,” terang Burhan mekanik Han’s Motor yang sering terima keluhan kick starter matik tidak kembali ini.
Apalagi ditambah posisinya berada di dalam boks CVT, sehingga memudahkan serpihan belt mengenai per tersebut. “Per yang penuh kotoran tidak bisa mengambalikan posisi kick starter,” lanjutnya.

As starter, menggunakan pegas sebagai pembalik

Cara memperbaikinya cukup mudah. Cukup melepas seluruh penutup boks CVT dan dibersihkan. Kemudian diberi grease (stempet) supaya pergerakan per lebih lancar.

Supaya kick starter lancar saat diperlukan, alangkah baiknya gunakan kick starter 1 sampai 3 kali setiap 2 hari. Hal ini diperlukan agar per tetap berfungsi normal. MT4