Otoinfo – Honda Vario 125 generasi pertama kini menjadi incaran banyak orang. Banyak kelebihan yang membuat para pemburu tertarik, mulai dari posisi duduk hingga mesin yang tangguh. Penasaran dengan sejarahnya? Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, Vario 125 ini ternyata dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Harga yang ditawarkan pada saat itu sama dengan harga Vario generasi sebelumnya dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, yakni 110 cc.
Sejarah Peluncuran Vario 125 Tahun 2012
Honda Vario 125 diperkenalkan pada tanggal 5 Maret 2012 di Jakarta oleh Presdir Astra Honda Motor (AHM), Yusuke Hori, dan Executive Vice Presdir AHM Johannes Loman. Kehadiran Vario 125 PGM-FI ini menjadi langkah maju AHM dalam menyajikan produk ramah lingkungan. Meskipun saat itu teknologi injeksi sudah diterapkan, harga yang ditawarkan tetap bersaing dengan Vario 110 cc yang masih menggunakan karburator.
Vario Techno 125 PGM-FI dengan fitur CBS (Combi Brake System) dijual dengan harga Rp 15,9 juta, sedangkan varian standar (non CBS) dibanderol Rp 15,1 juta. Harga yang terjangkau ini sejalan dengan komitmen AHM untuk mengajak konsumen menikmati keunggulan teknologi injeksi.
Fitur Unggulan Honda Vario 125 Generasi Pertama
Honda Vario 125 generasi pertama menghadirkan sejumlah fitur unggulan yang membuatnya tetap diminati hingga saat ini. Meskipun telah berusia, fitur-fitur berikut menjadikan Vario 125 sebagai pilihan yang menarik bagi para penggemar motor:
a. Mesin Baru dengan Teknologi Injeksi PGM-FI
- Vario 125 dilengkapi dengan mesin berkapasitas 124,8 cc dan menggunakan teknologi injeksi PGM-FI.
- Teknologi ini memberikan keunggulan dalam efisiensi bahan bakar dan respons gas yang lebih baik.
b. Fitur CBS (Combi Brake System)
- Varian Vario 125 dilengkapi dengan fitur CBS, yang merupakan sistem pengereman kombinasi antara rem depan dan belakang.
- CBS meningkatkan keamanan berkendara dengan memberikan pengereman yang lebih seimbang.
c. Kapasitas Bagasi 18 Liter
- Bagasi luas dengan kapasitas 18 liter, memungkinkan pengendara untuk membawa barang bawaan lebih banyak.
d. Desain Ergonomis dan Pilihan Warna Menarik
- Desain ergonomis memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara, menjadikannya pilihan cocok untuk perjalanan jarak jauh atau harian.
- Tersedia dalam beragam pilihan warna yang menarik, memberikan opsi personalisasi untuk pengendara.
e. Starter Halus seperti Honda PCX
- Starter yang lebih halus, mirip dengan Honda PCX, memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.
Harga Terjangkau Saat Peluncuran Tahun 2012
Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, Honda Vario 125 generasi pertama menawarkan harga yang sangat terjangkau. Harga yang ditetapkan pada saat itu sebanding dengan Vario 110 cc yang masih menggunakan karburator. Berikut rincian harga ketika peluncuran:
- Varian Vario Techno 125 PGM-FI dengan fitur CBS dijual seharga Rp 15,9 juta.
- Varian standar (non-CBS) dibanderol dengan harga Rp 15,1 juta.
Komitmen Astra Honda Motor (AHM) untuk memperkenalkan teknologi injeksi pada Vario 125 sekaligus menjaga harga yang bersaing telah membuatnya diminati oleh berbagai kalangan.
Honda Vario 125 generasi pertama, dengan kombinasi fitur unggulan dan harga terjangkau, menjadi motor yang tetap relevan dan dicari oleh para pecinta motor hingga saat ini.
Kenapa Vario 125 Generasi Pertama Dicari-Cari?
Dalam beberapa waktu terakhir, Vario 125 generasi pertama kembali menjadi incaran, terutama untuk varian KZR atau yang dikenal sebagai Vario 125 bohlam. Anggi Prasetya, pemilik bengkel 27 Matic Project, menjelaskan bahwa banyak orang mencari lagi Honda Vario 125 generasi pertama karena posisi duduknya yang nyaman.
Beberapa alasan lain yang membuat Vario 125 generasi pertama diminati adalah ketidaknyamanan pada generasi-generasi berikutnya, terutama bagi pengendara yang tinggi. Vario 125 generasi pertama dianggap memiliki posisi duduk yang lebih nyaman tanpa risiko “nyangkut” dengan bagian depan motor. Selain itu, mesinnya dianggap lebih bandel atau tahan lama.
Pencarian kembali untuk Vario 125 generasi pertama juga dipicu oleh kehati-hatian pemilik terdahulu dalam merawat mesin, terutama bagian kruk as. Mesin yang terawat dengan baik dianggap lebih baik, sementara beberapa Vario 125 mengalami masalah dengan kruk as karena pemilik lupa mengganti oli mesin secara rutin.
Honda Vario 125 generasi pertama menjadi bukti bahwa kendaraan yang dirawat dengan baik dapat menjadi investasi yang baik dan tetap dicari setelah beberapa tahun berlalu. Otoinfo.
More Stories
Knalpot ABRT20 Karya Mantan Joki Drag Bike, AB Bendol yang Melejit di Balap dan Harian
Astra Otoparts Hadirkan ULTI X Untuk Pasar Komponen Racing dan Sport, Ada Brake Pad, Velg dan Gir-Rantai
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer