Otoinfo.id – Bagaimana cara menambah power motor lawas seperti Honda MegaPro? Gampang-gampang susah tapi bisa. Paling gampang stroke & bore up bisa dijadikan andalan layaknya para CB mania.
Melalui langkah pembesaran kapasitas mesin, hasilnya sungguh signifikan. Internal mesin seperti noken dan klep dibiarkan standar biar awet. “Sekedar disesuaikan dikit pada porting IN & EX biar flow lancar saja. Gak terlalu extreme koq,” jawab Yunus, mekanik RAT dengan nada merendah.
Piston standar diameter 63,5 mm dilengserkan ganti piston Kawahara diameter 66 mm. Kemudian langkah piston di molorkan jadi 68 mm. Isi perut sukses bengkak jadi 232,5 cc. kapasitas mesin tersebut wajib menggunakan knalpot custom dengan ukuran leher 32 mm. Makin joss kalau dipasangi karburator PE 28 yang diisi kombinasi PJ 50 dan MJ 122. Bagaimana hasilnya?
Yang jelas bukan sekadar isapan jempol atau angan-angan. Hasil korekan tersebut dibuktikan dengan data dynotest. Hasilnya lonjakan tenaga sebesar 22,962 DK/8.582 Rpm dan torsi sebesar 21,72 Nm/ 7.122 Rpm. Istimewanya grafik tenaga di kepala 22 DK-an bertahan mulai 7.500 – 9.250 Rpm.
Power band lebar dan karakternya rata. Motor tidak menghentak-hentak bikin capek apalagi di 10.000 Rpm penurunan tenaga hanya kisaran 13% jadi 19,787 DK. Dengan spek korekan ini kapan pun motor di gas, amunisi tenaga tetap terisi siap dimuntahkan ke aspal jalanan. Nadira