Otoinfo – Pada tahun 2022, Honda merilis motor yang ditujukan untuk meng-upgrade honda Vario 125. Motor yang dibuat untuk menggantikan eksistensi Vario 150 adalah Honda Vario 160. Vario 160 mendapatkan upgrade pada kapasitas mesinnya yang bervolume langkah 160 CC, penambahan fitur, pembaruan teknologi mesin, hingga pembaruan total yang terlihat pada livery body.
Fitur Vario 125 vs Vario 160
Honda Vario 125, yang dirilis sejak tahun 2012, mengalami beberapa pembaruan termasuk pada tahun 2023. Pembaruan tersebut meliputi desain stripping livery body, gaya velg, penambahan fitur power charger console, dan penggunaan sistem kontak keamanan baru bernama Honda Smart Key.
Vario 160 memiliki fitur yang lebih lengkap, termasuk rear-disc brake, sistem pengereman ABS, full digital panel meter, full LED headlight, taillight, dan winker, power charger console, dan luas bagasi 18 liter.
Spesifikasi Vario 125 vs Vario 160
Dari segi spesifikasi, Vario 160 memiliki volume langkah mesin yang lebih besar (156,9 CC) dibandingkan dengan Vario 125 (124,8 CC). Daya maksimum Vario 160 adalah 11,3 kW/8.500 rpm, sedangkan Vario 125 memiliki daya maksimum sebesar 8,2 kW/8.500 rpm. Vario 160 juga memiliki torsi maksimum yang lebih tinggi, yaitu 13,8 Nm/7.000 rpm, sedangkan Vario 125 memiliki torsi maksimum sebesar 10,8 Nm/5.000 rpm.
Namun, Vario 125 memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik dengan rata-rata 51,7 km/l, sedangkan Vario 160 memiliki rata-rata 46,9 km/l. Selain itu, Vario 125 memiliki berat yang lebih ringan (111 kg) dibandingkan dengan Vario 160 (115 kg).
Mana yang Lebih Efisien?
Dari perbandingan fitur dan spesifikasi di atas, dapat disimpulkan bahwa Vario 125 lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Selain itu, Vario 125 memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Vario 160.
Meskipun Vario 160 memiliki keunggulan dalam hal daya maksimum dan torsi maksimum yang lebih tinggi, serta fitur-fitur canggih, Vario 125 tetap menjadi pilihan yang lebih efisien dan ekonomis, terutama jika efisiensi bahan bakar menjadi prioritas. Namun, pilihan antara keduanya dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi dan kebutuhan pengendara. Otoinfo
More Stories
Sensasi Touring ke Tuntrum Gasblok Kawasan Borubudur, New PCX 160 Tunjukkan Taringnya Bersama Media dan Influencer
Proliner Clutch Spring, Solusi Tarikan Maksimal Tanpa Selip Kopling!
Geely Boyue-Series Mencetak Rekor: Terjual 2 Juta Unit dalam 107 Bulan, Mobil China Terlaris di Dunia!