Wednesday, July 2, 2025
spot_img

Melintasi Waktu! Vespa Corsa 125, Awal Mula Revolusi Motor Matic di Indonesia

OtoinfoVespa Corsa 125, di tengah gemuruh perkembangan industri otomotif, motor matic, atau skuter matik, telah merajai jalan-jalan perkotaan Indonesia. Dengan desain sederhana, kemudahan pengendalian, dan efisiensi bahan bakar, motor matic menjadi pilihan utama masyarakat perkotaan yang menginginkan kendaraan yang praktis dan efisien. Namun, sejarah motor matic pertama di Indonesia mengarah pada sebuah nama yang jarang disebut, Vespa Corsa 125.

Jejak Sejarah Vespa Corsa 125

Corsa 125, diproduksi oleh PT Dan Motor Indonesia (DMI) sekitar tahun 1983-1985, menandai awal mula era motor matic di Indonesia. Mesin 2-tak dengan kapasitas 125cc menjadikan Vespa Corsa 125 sebagai pionir dalam revolusi ini, menghasilkan tenaga sebesar 10,8 daya kuda. Desain khas dengan lampu depan bulat dan bodi ramping memberikan identitas yang melekat.

Meski dihadirkan dengan keunggulan yang tidak dapat dipungkiri, Corsa 125 memiliki harga yang cukup tinggi pada masanya, sekitar Rp6 juta, menjadikannya opsi terutama bagi kalangan menengah ke atas.

Awal Mula Kehadiran Motor Matic di Indonesia

Saat Corsa 125 menjadi motor matic pertama di Indonesia, respons masyarakat tidak segera memuncak. Ini disebabkan oleh kecenderungan masyarakat Indonesia yang saat itu lebih akrab dengan motor bebek, yang tidak hanya lebih terjangkau tetapi juga mudah perawatannya.

Kendati demikian, seiring berjalannya waktu, motor matic mulai mendapatkan perhatian yang lebih besar, terutama berkat kemudahan pengendalian, efisiensi bahan bakar, dan kenyamanan parkir yang ditawarkannya.

Baca Juga:  WMOTO LETBE NEON 125 2024 Motor Matic Baru dengan Fitur Menggoda!

Perkembangan Motor Matic di Indonesia Setelah Vespa Corsa 125

Tahun 1991 menjadi babak baru ketika PT Dan Motor Indonesia meluncurkan motor matic keduanya, Vespa PX 150. Dengan mesin 2-tak berkapasitas 150cc, motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 14 daya kuda, menandai langkah lebih lanjut dalam evolusi motor matic di Indonesia. Setelah itu, pada tahun 1996, Honda BeAT dari PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan mesin 4-tak berkapasitas 100cc, menghasilkan tenaga sebesar 8 daya kuda.

Vespa Corsa 125 memberikan kontribusi besar sebagai pelopor motor matic pertama di Indonesia, meski awalnya tidak mendapat respons yang menggebu-gebu. Seiring dengan perkembangan zaman.

Motor matic menjadi pilihan utama masyarakat, menciptakan beragam inovasi dan alternatif yang lebih modern, praktis, dan efisien. Sejarah panjang ini memberikan kita gambaran akan perjalanan revolusi berkendara di Indonesia, di mana Corsa 125 memiliki tempat istimewa sebagai bagian dari evolusi ini. Otoinfo.

Latest Posts