Otoinfo.id – Membedah mesin Honda CB650R, bukan hanya menarik dari sisi desain dan fitur, tetapi juga dari segi performa mesin yang sangat kompetitif di kelas naked bike menengah. Motor ini mengusung mesin 649cc 4-stroke 16-valve DOHC berkonfigurasi inline 4-silinder, yang menjadikannya salah satu motor dengan performa dan suara mesin paling ikonik di kelasnya.
- Spesifikasi Teknis Mesin CB650R
- 1. Konfigurasi Inline-4 Silinder
- 2. Tenaga dan Torsi Maksimal
- 3. DOHC 16 Valve
- 4. Pendinginan Cairan (Liquid Cooled)
- Keunggulan Mesin Honda CB650R
- 1. Karakter Mesin Responsif di Putaran Atas
- 2. Suara Mesin Halus dan Berkelas
- 3. Ramah Digunakan di Jalan Raya
- Teknologi Penunjang Performa Mesin
- Mesin CB650R Cocok untuk Pengendara Serius
Dengan teknologi yang terinspirasi dari motor supersport, mesin CB650R menawarkan perpaduan antara tenaga besar, putaran mesin tinggi, dan respons gas yang cepat, cocok untuk penggunaan harian maupun touring jarak jauh.
Spesifikasi Teknis Mesin CB650R
1. Konfigurasi Inline-4 Silinder
Mesin ini menggunakan empat silinder sejajar (inline) yang dirancang untuk menghasilkan tenaga besar dengan getaran minimal. Karakter suara yang halus tapi bertenaga menjadi nilai jual utama mesin tipe ini—sebuah ciri khas motor sport 4-silinder Honda.
2. Tenaga dan Torsi Maksimal
CB650R mampu mengeluarkan tenaga puncak sebesar 66,5 kW (setara 90,1 PS) pada 11.000 rpm, dan torsi maksimum mencapai 60,7 Nm pada 8.000 rpm. Output tenaga ini memberikan akselerasi responsif dan stabil di kecepatan tinggi.
3. DOHC 16 Valve
Dengan Double Overhead Camshaft (DOHC) dan 16 katup (empat per silinder), sistem ini memberikan kontrol yang presisi terhadap pembukaan dan penutupan katup, memungkinkan mesin untuk bernafas lebih efisien pada putaran tinggi.
4. Pendinginan Cairan (Liquid Cooled)
Sistem pendinginan cairan membantu menjaga suhu mesin tetap stabil dalam kondisi kerja berat, mencegah overheat, dan memperpanjang umur pakai mesin.
Keunggulan Mesin Honda CB650R
1. Karakter Mesin Responsif di Putaran Atas
Tidak seperti motor 2 silinder yang umumnya menghasilkan torsi besar di putaran rendah, mesin CB650R justru unggul di putaran menengah ke atas. Karakter ini menjadikannya ideal untuk gaya berkendara agresif atau sport touring.
2. Suara Mesin Halus dan Berkelas
Suara khas dari mesin inline-4 yang halus namun bertenaga menjadi daya tarik tersendiri. Saat dibawa melaju, raungan mesin terdengar bersih dan premium—memberikan kepuasan tersendiri bagi para pecinta motor sport sejati.
3. Ramah Digunakan di Jalan Raya
Meski berperforma tinggi, mesin CB650R tetap nyaman untuk digunakan di jalanan kota berkat respons gas yang lembut dan linear, terutama setelah disandingkan dengan fitur modern seperti Honda E-Clutch dan HSTC.
Teknologi Penunjang Performa Mesin
Assist/Slipper Clutch
Membedah mesin Honda CB650R, fitur ini meringankan tarikan kopling saat perpindahan gigi naik maupun turun, serta mencegah ban belakang selip saat deselerasi keras—memberikan rasa berkendara yang lebih aman dan mulus.
Honda Selectable Torque Control (HSTC)
Sistem ini bekerja menjaga traksi roda belakang agar tetap stabil di berbagai kondisi permukaan jalan, sangat berguna saat menikung atau melibas jalanan basah.
Baca Juga: Honda CB650R Tampil Makin Futuristik: E-Clutch Pertama di Indonesia Buka Era Baru Big Bike Modern
Sistem Injeksi PGM-FI
Teknologi injeksi bahan bakar milik Honda ini memastikan pembakaran yang efisien dan presisi, mendukung performa tinggi sekaligus menjaga efisiensi konsumsi BBM.
Mesin CB650R Cocok untuk Pengendara Serius
Mesin 649cc 4-silinder DOHC inline bukan hanya kuat, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan penuh karakter.