Otoinfo.id

Portal Informasi Otomotif Indonesia

Mengapa Honda PCX 160 dan ADV 160 Tanpa Rangka eSAF

Mengapa Honda PCX 160 dan ADV 160 Tidak Menggunakan Rangka eSAF Seperti Vario 160

Otoinfo – Sejak kemunculannya di Honda Genio pada tahun 2019, rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) telah menjadi platform unggulan yang kemudian diadopsi oleh model-model skutik Honda lainnya, termasuk Honda PCX 160.

Namun, mengapa rangka eSAF tidak diterapkan pada model Honda PCX 160 dan ADV 160?

Pengenalan Rangka eSAF

Rangka eSAF merupakan inovasi terbaru dari Honda dalam pengembangan rangka sepeda motor.

Berbeda dengan rangka konvensional berjenis pipa besi (tube), eSAF merupakan versi upgrade dari rangka underbone konvensional.

eSAF didesain menggunakan pelat baja yang diproses dan disambung menggunakan teknologi laser welding, menghasilkan struktur rangka yang lebih ringan namun tetap kokoh.

Keunggulan Rangka eSAF

Salah satu keunggulan utama rangka eSAF adalah efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi.

Dengan desain yang lebih ringan dan kokoh, rangka eSAF membantu mengurangi beban total sepeda motor, sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Hal ini sejalan dengan komitmen Honda dalam menyediakan kendaraan ramah lingkungan yang juga ekonomis dalam penggunaan bahan bakar.

Tidak hanya itu, penggunaan rangka eSAF juga memberikan keuntungan dalam hal ruang penyimpanan.

Dengan rangka yang lebih ramping, sepeda motor dapat memiliki ruang bagasi yang lebih besar tanpa mengorbankan stabilitas atau keamanan pengendara.

Implementasi Rangka eSAF pada Model Honda

Sejak diperkenalkan pertama kali pada Honda Genio pada tahun 2019, rangka eSAF telah diterapkan pada beberapa model skutik Honda lainnya, seperti BeAT, BeAT Street, Scoopy, dan Vario 160.

Baca Juga:  Honda Luncurkan Honda Grazia Sporty 125: Saingan Berat Bagi Honda BeAT 150?

Namun, penentuan penggunaan rangka pada setiap model tidak dilakukan secara sembarangan.

Mengapa Honda PCX 160 dan ADV 160 Tidak Menggunakan Rangka eSAF?

Meskipun Honda PCX 160 dan ADV 160 menggunakan mesin yang sama dengan Vario 160, keputusan untuk tidak menggunakan rangka eSAF didasarkan pada pertimbangan yang matang terhadap karakteristik dan kebutuhan konsumen di segmen tersebut.

Menurut General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, pengembangan sebuah produk selalu dimulai dengan riset yang mendalam untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen.

Oleh karena itu, setiap model sepeda motor Honda dikembangkan secara unik sesuai dengan karakteristik pasar dan kebutuhan konsumen di segmennya masing-masing.

Baca Juga:  Honda CRF250L vs CRF250 Rally, Mana yang Lebih Irit?

Keputusan untuk tidak menggunakan rangka eSAF pada model Honda PCX 160 dan ADV 160 adalah hasil dari pertimbangan yang cermat terhadap karakteristik pasar dan kebutuhan konsumen di segmen premium tersebut.

Meskipun rangka eSAF telah terbukti memberikan sejumlah keunggulan dalam hal efisiensi bahan bakar dan ruang penyimpanan, namun penentuan penggunaan rangka pada setiap model tetap didasarkan pada pertimbangan yang lebih luas terhadap pasar dan konsumen.

Dengan demikian, meskipun tidak menggunakan rangka eSAF, Honda PCX 160 dan ADV 160 tetap menjadi pilihan yang tangguh dan handal bagi konsumen di segmen premium skutik Honda. Otoinfo

About The Author

Copyright © All rights reserved. | EnterNews by AF themes.